Rabu 05 Februari 2020, 09:19 WIB

Penghijauan di DAS Bengawan Solo Untuk Investasi Kesehatan

Akhmad Safuan | Nusantara
Penghijauan di DAS Bengawan Solo Untuk Investasi Kesehatan

MI/AKHMAD SAFUAN
Kepala Desa Sumber, Aris Susanto menanam pohon di sepanjang DAS Bengawan Solo wilayah Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

 

HARI masih pagi, ratusan pemuda Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupate Blora, Jawa Tengah yang tergabung dalam Aliansi Remaja Sumber Pecinta Alam berkumpul di balai desa yang dipenuhi dengan ratusan tanaman penghijauan yang tertata rapi di halaman.

Tidak hanya pemuda desa yang tergabung dalam Arsumpala, tetapi juga ratusan pelajar dari SMA NU 1 Kradenan, SMK Muhammadiyah Kradenan dan Pramuka ikut serta dalam kegiatan penghijauan di sepanjang aliran Sungai Wulung yang merupakan daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo.

Kegiatan penghijauan bertajuk Sumber Menanam dimotori Kepala Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Aris Susanto cukup menarik perhatian. Penanaman pohon secara massal yang juga dihadiri Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah Heru Jatmika, jajaran Forkopimcam Kradenan dan Petugas Penyuluh Kehutanan. Penanaman pohon dilakukan di sepanjang DAS, dan sepanjang dua kilometer jalan desa mulai Dukuh Tambak hingga Dukuh Sambungmacan, yang merupakan bagian dari ruas jalan kabupaten Sumber-Temulus.

Desa Sumber merupakan desa rawan bencana karena dilintasi sungai cukup besar, yakni Sungai Wulung yang merupakan anak Sungai Bengawan Solo.

"Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kami ingin desa ini bisa semakin hijau, asri dan sejuk. Selain itu untuk mencegah bencana dan meningkatkan penyerapan air," kata Aris Susanto, Selasa (4/2).

Menanam pohon, lanjut Aris Susanto, sama artinya dengan menanam investasi kesehatan untuk manusia dan alam. Oleh karenanya diajak para pemuda bersama stakeholder terkait untuk bersama-sama melakukan kegiatan ini. Dalam kegiatan penghijauan ini, Dinas Kehutanan Wilayah I Jateng menyumbang 750 bibit tanaman.

baca juga: Atasi Bencana Benahi Manajemen

Pada kesempatan sama Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah, Heru Jatmika mengapresiasi kegiatan penghijauan desa yang dilaksanakan di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Blora yang dipelopori oleh kepala desa bersama para pemuda desa ini.

"Ini kegiatan yang luar biasa untuk menjaga alam dan manusia. Kepala desa mengajak anak-anak muda untuk cinta lingkungan," ujarnya. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More