Rabu 05 Februari 2020, 03:30 WIB

Sonia Fergina Rambah Bisnis Sustainable Fashion

MI | Humaniora
Sonia Fergina Rambah Bisnis Sustainable Fashion

MI/Permana
Sonia Fergina

 

PUTRI Indonesia 2018, Sonia Fergina, kini menjajal bisnis fesyen ramah lingkungan atau sustainable fashion. Hal itu diungkapkan Sonia, 26, sebagai salah satu pendekatan ke generasi muda untuk membangkitkan kesadaran isu lingkungan.

"Aku lebih approach ke milenial biar mereka enggak malu pakai barang-barang daur ulang dan ini masih fashionable banget, enggak keliatan materialnya daur ulang," ungkap mahasiswi Bina Nusantara, Jakarta, ini.

Perempuan yang masuk dalam 20 besar Miss Universe 2018 itu menjajal bisnis fesyen dengan memulainya lebih dulu lewat rancangan tas hasil upcycling. Sonia menyebut tas pinggang rancangan hasil kolaborasinya dengan Kena Project tersebut 85%-nya terbuat dari sampah plastik.

"Muncul ide untuk buat waist bag karena aku lihat banyak banget yang suka waist bag, yang mudah dibawa, buat belanja ke pasar, nyimpen duit," ujar Sonia.

Lebih lanjut, Sonia menuturkan bahwa ia tidak saja ingin berusaha menyelamatkan lingkungan lewat bisnis fesyen yang digagasnya, tapi juga sekaligus membawa misi pemberdayaan kelompok ibu di daerah Bogor. "Aku bikin ini selain itu ngebantu lingkungan, juga empowerment ibu-ibu yang ada di Cigudeg, mereka senang banget. Jadi prosesnya pun aku terjun langsung," ujarnya. (Uca/H-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More