Rabu 05 Februari 2020, 01:00 WIB

Momentum Kebangkitan Partenopei

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Momentum Kebangkitan Partenopei

DOK. SSCNAPOLI.IT
Penyerang Napoli Arkadiusz Milik (99) menyundul bola yang menjadi gol pertama timnya ke gawang tuan rumah pada laga lanjutan Liga Italia

 

NAPOLI lanjutkan tren positifnya. Dua gol di akhir laga menghadirkan kemenangan dramatis bagi Partenopei--julukan Napoli--dengan mengalahkan tuan rumah Sampdoria 4-2 pada laga lanjutan Liga Italia, kemarin WIB.

Saat bertandang ke Luigi Ferraris, markas Sampdoria, Napoli tampil agresif sejak awal. Pasukan Gennaro Gattuso tak menunggu waktu lama untuk memecah kebuntuan. Arkadiusz Milik mencetak gol pada menit ke-3 dan digandakan Elif Elmas di menit ke-16.

Sampdoria kemudian menaikkan tempo serangan untuk mengejar ketinggalan. Hasilnya, Il Samp--julukan Sampdoria--mencetak dua gol penyama skor melalui Fabio Quagliarella pada menit ke-26 dan penalti Manolo Gabbiadini di menit ke-73.

Namun, petaka menghampiri Sampdoria di 10 menit jelang laga usai. Dua gol oleh Diego Demme di menit ke-83 dan Dries Mertens pada injury time membuat Napoli unggul 4-2.

Ini kemenangan ketiga beruntun anak asuh Gennaro Gattuso. Sebelumnya, Napoli menjungkalkan Lazio 1-0 di ajang Coppa Italia, Selasa (22/1), dilanjutkan dengan menaklukkan penguasa klasemen Liga Italia, Juventus, dengan skor 2-1 pada Senin (27/1).

Partenopei kini naik ke peringkat 10 dengan 30 poin. Mereka tetap menjaga kans untuk tampil di ajang antarklub Eropa karena hanya berjarak dua poin dari Cagliari yang mengisi posisi enam besar--masuk zona Liga Europa.

"Tiga kemenangan beruntun, tapi masih banyak yang harus kami lakukan dan kami harus tetap berkonsentrasi. Saya pikir kami bisa kembali ke jalur kemenangan dan menebus hasil buruk pada awal musim," kata kapten Napoli, Lorenzo Insigne.

Ketika ditukangi Carlo Ancelotti, Napoli sempat paceklik kemenangan sepanjang enam pekan, dari Oktober hingga awal Desember 2019. Polesan Gattuso kemudian membuat Napoli mulai menemukan momentum kemenangan.

Kelelahan

Di Inggris, setelah menang 2-0 atas Manchester City di Liga Primer, akhir pekan lalu, Tottenham Hotspur tak bisa bersantai. The Lilywhites--julukan Tottenham--harus menjamu Southampton pada laga ulangan babak keempat Piala FA, dini hari WIB nanti.

Ini waktu yang tepat bagi arsitek Jose Mourinho untuk membawa Tottenham mendulang kemenangan. Dengan dukungan situasi ruang ganti yang kondusif, Spurs berpeluang melaju.

Namun, Mourinho harus memutar otak. "Kami lelah, kami telah memberikan segalanya dan kini harus melawan Southampton yang punya waktu istirahat lebih. Jadi, saya harus lebih tenang dan tidak larut dalam nuansa kemenangan," kata Mourinho, kemarin.

Pemain anyar asal Belanda, Steven Bergwijn, diharapkan terus berkontribusi positif. Mourinho juga harus memikirkan istirahat Son Heung-Min, Lucas Moura, dan Delle Ali yang telah melakoni delapan laga sepanjang sebulan terakhir.

Di kubu Southampton, dalam aksi menahan Liverpool tanpa gol sepanjang 45 menit--kendati akhirnya kebobolan empat gol di babak kedua--berpotensi menyulitkan Tottenham. "Kami bisa bersaing dengan tim mana pun," tegas Oriol Romeu, gelandang tim berjuluk the Saints itu. (footballitalia/AFP/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More