Selasa 04 Februari 2020, 19:14 WIB

Panitia Seleksi CPNS Belum Temukan Jimat Dari Peserta

Kristiadi | Nusantara
Panitia Seleksi CPNS Belum Temukan Jimat Dari Peserta

MI/KRISTIADI
Ujian seleksi CPNS di Kota Tasikmalaya.

 

PANITIA pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang digelar di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat telah melakukan pemeriksaan kepada seluruh peserta saat akan memasuki ruang ujian. Penggeledahan yang dilakukan tiap peserta itu dimulai dari pakaian, celana, sabuk dan sepatu untuk memastikan tidak ada yang membawa jimat hingga benda lainnya.

Pemeriksaan yang dilakukan petugas kepada peserta laki-laki dan perempuan secara terpisah melalui jalur ruang masuk berbeda, dan mereka harus antri memanjang. Namun, tas dan handphone yang mereka bawa harus dititipkan sebelum masuk ruangan. Saat pemeriksaan belum ditemukan barang hingga jimat.

"Kalau alat pendeteksi khususnya untuk jimat tidak ada. Para petugas sendiri selama ini hanya memakai pemeriksaan detektor hingga manual berupa penggeledahan seperti ini. Sebetulnya pemeriksaan yang dilakukannya itu bukan hanya jimat. Peserta tak diperbolehkan membawa apa pun ke ruang ujian kecuali kartu peserta," kata Kepala Kantor Regional III BKN Bandung, Imas Sukmariah, Selasa (4/2).

baca juga: Virus Korona Berimbas Naiknya Harga Bawang Impor

Imas mengatakan, pemeriksaan terhadap para peserta secara manual tersebut dilakukannya kembali secara otomatis dengan memakai metal detektor saat menuju gerbang ruangan masuk test SKD. Setelah dinyatakan steril tak membawa apa pun selain kartu ujian ke ruangan, barulah peserta dipersilahkan ke meja ujian dengan diantar oleh petugas BKN.
 
"Pemeriksaan melalui metal detektor di depan pintu ruangan ujian tersebut dilakukan untuk mengantisipasi mereka membawa barang ke dalam ruangan," tambahnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More