Selasa 04 Februari 2020, 16:30 WIB

Babel Minta Saham dan Kenaikan Royalti Timah

Rendy Ferdiansyah | Ekonomi
Babel Minta Saham dan Kenaikan Royalti Timah

MI/Rendy Ferdiansyah
Provinsi Bangka Belitung merupakan daerah penghasil timah.

 

ANGGOTA Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI asal Provinsi Bangka Belitung (Babel) Bambang Patijaya, melayangkan surat usulan porsi saham dan royalti PT. Timah kepada tiga Menteri.

Bambang mengaku sudah mengirimkan surat terkait permintaan saham dan kenaikan royalti timah untuk Pemprov Babel ke menteri keuangan, menteri BUMN dan menteri ESDM.

Dalam suratnya, jelas Bambang, alasan Pemprov Babel minimal mendapat 10 persen saham di PT Timah, agar Babel sebagai daerah penghasil timah tidak hanya sebagai penonton. Bagaimana skema pembiayaan dan akuisisi saham tersebut dapat dicarikan solusi terbaik.

"Pemprov Babel sudah menyampaikan ke Komisi tiga agar mendapatkan 10 persen saham PT.Timah, karena selama ini tidak ada sama sekali dan hanya di jadikan penonton, padahal sebagai daerah penghasil timah,"ujarnya.

Selain saham, lanjutnya dalam surat tersebut disampaikan juga masalah peningkatan royalti dari 3 persen menjadi 10 persen atau 15 persen.

"Dengan royalti 3 persen ini terlalu kecil. Sulit membangun dan mensejahterakan masyarakat. Jika royalti dari timah mendapat 15 persen, saya yakin pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Babel dapat terwujud," ungkap dia.

Komisi VI DPR, tambah Bambang, pada kamis (6/2) akan melaksanakan Kunjungan Kerja Ke PT.Timah terkait dengan permasalahan Timah tersebut. (OL-13)

 

Baca Juga

Antara

Kemenperin : Penyerapan Tenaga Kerja Industri Turun Jadi 17,4 Juta

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 November 2020, 14:46 WIB
Angka tersebut, kata Eko, menurun dibanding Agustus tahun lalu yang mencapai 18,93 juta orang atau 14,96% dari total tenaga kerja...
Antara

UMKM Papua Bisa Fokus Pada Komoditas Unggulan

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 26 November 2020, 14:40 WIB
Pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ke depan harus berbasis kearifan lokal dan menghubungkan UMKM ke dalam ekosistem...
 ANTARA/Oky Lukmansyah

Kemenperin Proyeksikan Industri Pengolahan Nonmigas Tumbuh 3,95%

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 November 2020, 14:36 WIB
Pada kuartal III 2020 industri pengolahan nonmigas masih mengalami kontraksi sebesar minus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya