Selasa 04 Februari 2020, 16:48 WIB

Presiden Minta Masyarakat Tenang Sikapi Virus Korona

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Minta Masyarakat Tenang Sikapi Virus Korona

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta masyarakat tidak panik dalam menyikapi virus korona. Pasalnya, pemerintah telah melakukan berbagai upaya perlindungan dan pencegahan agar virus tersebut tidak masuk ke wilayah Indonesia.

"Kepada seluruh masyarakat, seluruh rakyat dimanapun berada tidak perlu panik, karena kita telah mengambil langkah-langkah yang tegas," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas terkait kesiapan menghadapi dampak virus korona di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menutup akses bagi warga negara Tiongkok untuk masuk ke Indonesia. Fasilitas bebas visa dan visa on travel bagi warga negara Negeri Tirai Bambu pun dihentikan sementara. Bahkan, individu yang tercatat sudah berada di Tiongkok selama 14 hari juga tidak diperkenankan masuk dan transit ke Tanah Air.

Baca juga: Seluruh Kasino di Makau Ditutup karena Virus Korona

Tidak hanya lalu lintas manusia, pergerakan barang juga akan dibatasi pemerintah. Kementerian Perdagangan memutuskan untuk menutup sementara impor produk makanan dan minuman dari Tiongkok.

"Keputusan itu harus diambil dalam rangka melindungi seluruh rakyat indonesia dari penyebaran virus korona," tuturnya.

Tidak hanya di dalam negeri, perlindungan juga diberikan kepada WNI yang berada di Hubei. Evakuasi terhadap 238 penduduk Indonesia telah dilakukan dan berjalan dengan lancar.

"Pemberlakukan protokol kesehatan sudah dilakukan dan saat ini mereka masih diobservasi di Natuna," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More