Selasa 04 Februari 2020, 16:33 WIB

Polisi Selidiki Kasus Pembakaran Sekolah di Hulu Sungai Tengah

Denny Susanto | Nusantara
Polisi Selidiki Kasus Pembakaran Sekolah di Hulu Sungai Tengah

ANTARA
Sejumlah sekolah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, dibakar oleh orang tidak bertanggungjawab.

 

PIHAK kepolisian terus menyelidiki kasus dugaan upaya pembakaran sejumlah sekolah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Terjadi upaya pembakaran dua sekolah masing-masing SDN 1 dan SDN 2 Barabai Timur, serta kasus kebakaran melanda MAN 1 Barabai yang menghanguskan sembilan ruang kelas berikut laboratorium komputer berisi puluhan unit komputer, pada awal Februari kemarin.

Kepala Polres Hulu Sungai Tengah,  Ajun Komisaris Besar Danang Widaryanto, Selasa (4/1) mengungkapkan pihaknya masih terus melakukan penyidikan terkait kasus kebakaran dan dugaan upaya pembakaran sekolah ini.

"Polisi masih menyelidiki dugaan pembakaran beberapa sekolah tersebut. Termasuk adanya kaitan atau unsur kesengajaan terkait peristiwa ini," ungkapnya.

Dugaan adanya upaya teror pembakaran sekolah ini setelah pihak sekolah SDN 1 dan SDN 2 Barabai Timur menemukan bukti sapu serta pintu ruang kelas dan musala yang terbakar. Lokasi dua sekolah ini berdekatan. Beruntung peristiwa kebakaran tidak terjadi.

Namun dalam waktu berdekatan peristiwa kebakaran terjadi di MAN 1 Barabai yang menghanguskan sembilan ruang kelas termasuk laboratorium komputer dan IPA. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Berry Nahdian Forqan mengatakan pihaknya menyerahkan kepada aparat berwenang (kepolisian) untuk mengusut tuntas kasus kebakaran dan upaya pembakaran sekolah tersebut.

"Kasus ini harus diusut tuntas. Kita belum tahu motifnya karena masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Kita berharap kasus kebakaran ini jangan sampai mengganggu persiapan pelaksanaan ujian nasional dalam waktu dekat," kata Berry.

baca juga: DPR Minta Hentikan Penyerobotan Lahan Rakyat di Gondai Pelalawan

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Chairiah, meminta seluruh sekolah lebih waspada dengan adanya teror pembakaran ini.

"Dengan adanya kasus ini, kami mengimbau agar semua Kepsek dan guru waspada dengan meningkatkan keamanan di lingkungan sekolah masing-masing," katanya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More