Selasa 04 Februari 2020, 16:16 WIB

Waspadai Virus Korona, KKP Batasi Impor Produk Tiongkok

Hilda Julaika | Ekonomi
Waspadai Virus Korona, KKP Batasi Impor Produk Tiongkok

Antara/Nova Wahyudi
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (kanan) menyerahkan bantuan kepada perwakilan nelayan di Palembang, Sumatera Selatan.

 

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus korona. Upaya pencegahan dengan membatasi impor produk kelautan dan perikanan yang berasal dari Tiongkok.

Langkah itu mengurangi risiko negatif yang berpotensi muncul dari pergerakan barang impor. “Satu bulan ini kita tidak mudah mengeluarkan impor yang berasal dari wilayah sana. Kami pun memiliki tim di pelabuhan dan kepabeanan untuk mengecek barang secara seksama, agar (barang) tidak dengan mudah masuk,” jelas Edhy kepada awak media di Kantor KKP, Selasa (4/2).

Pembatasan ini pun mengacu arahan dari Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. Arahan tersebut berupa moratorium sejumlah barang impor dan pengawasan ketat terhadap produk impor. Adapun produk yang dihentikan impornya adalah produk hidup. Untuk produk mati seperti ikan beku (frozen), masih diawasi dengan ketat.

Baca juga: Pemerintah Segera Hentikan Impor Produk Mamin dari Tiongkok

Menurut Edhy, langkah ini diambil untuk menjaga Indonesia dari potensi penyebaran virus mematikan. Bukan bermaksud menyinggung atau mengganggu perdagangan Tiongkok yang tengah terguncang, melainkan untuk melindungi masyarakat Indonesia.

“Kita juga tidak mau mengambil risiko. Intinya kita tidak bermaksud menyindir atau menyinggung teman-teman kita yang sedang terkena musibah. Kita mau melindungi masyarakat kita dulu. Menurut saya ini normal dan wajar,” tegas Edhy.

Edhy pun meminta Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Rina, untuk membentuk satuan tugas (satgas). Satgas ini berfungsi untuk memperkuat izin barang yang masuk dari wilayah Tiongkok. Sekaligus, meningkatkan prinsip kehati-hatian.

“Selama virus ini masih terjangkit, saya sudah perintahkan Kepala BKIPM untuk sigap di seluruh bandara dan melakukan koordinasi dengan Menteri Kesehatan. Juga meminta BKIPM untuk membentuk satgas penguatan termasuk izin barang yang masuk,” urainya.(OL-11)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kediri Siap Panen Raya Padi Jagung Sampai April 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Maret 2020, 14:56 WIB
Panen raya di bulan Maret hingga April 2020 diperkirakan seluas 16.896 hektare...
Antara/Makna Zaezar

Kebutuhan Pangan Meningkat, Bulog Pastikan Stok Cukup

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 30 Maret 2020, 14:40 WIB
Bulog memastikan dapat mengatasi lonjakan kebutuhan pangan jelang bulan Ramadan. Masyarakat pun diminta tidak khawatir dengan stok...
DOK BNI SYARIAH

BNI Syariah Siap Bantu Nasabah Pembiayaan Terdampak Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Maret 2020, 14:37 WIB
Latar belakang kebijakan restrukturisasi pembiayaan ini adalah karena penyebaran pandemi virus korona (Covid-19) berdampak terhadap kinerja...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya