Selasa 04 Februari 2020, 15:53 WIB

Singapura Yakini Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Positif

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Singapura Yakini Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Positif

Antara
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Presiden Singapura Halimah Yacob (kiri) memberikan keterangan pers

 

SINGAPURA optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan bergerak positif dari tahun ke tahun. Optimisme itu digambarkan secara nyata dengan tingginya investasi yang diletakkan para pengusaha Negeri Singa di Tanah Air.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal, dalam enam tahun terakhir, Singapura tercatat sebagai negara penanam modal terbesar di Indonesia.

Pada 2014, total investasi Singapura mencapai US$5,8 miliar, kemudian naik tipis menjadi US$ 5,9miliar pada 2015.

Pada 2016, nilai modal yang ditanam negara tetangga melesat menjadi US$9,2 miliar.

Sempat turun ke angka US$8,4 miliar pada 2017, investasi Singapura kembali tumbuh ke level US$9,2 miliar di 2018.

Presiden Singapura Halimah Yacob pun berkomitmen untuk terus melanjutkan kemitraan yang telah terjalin dengan sangat baik itu.

"Presiden Jokowi dan saya setuju untuk memperkuat ikatan ekonomi antara kedua negara. Singapura telah menjadi investor asing terbesar di Indonesia selama enam tahun terakhir. ini menunjukkan kepercayaan Singapura pada ekonomi Indonesia yang dinamis," ujar Halimah di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Salah satu proyek investasi Singapura yang dianggap sukses adalah pengembangan Kendal Industrial Park di Semarang, Jawa Tengah. Kawasan industri itu kini telah mampu menarik investasi senilai US$843 juta dan menciptakan lebih dari 8.000 lapangan kerja baru.

"Saya senang mendengar Kendal Industrial Park telah berkembang menjadi zona ekonomi yang menjanjikan, yang menjdi magnet bagi para investor," ucap Halimah.

Kendati sudah sangat bagus, kerja sama antara kedua negara, menurut dia, masih sangat berpotensi untuk terus ditingkatkan.

"Presiden Jokowi dan saya telah melakukan diskusi terkait kerja sama dalam hal pengembangan sumber daya manusia. Pendirian Politeknik Kendal di dalam kawasan Kendal Industrial Park adalah contoh nyata bagaimana investasi Singapura sangat mendukung pelatihan keterampilan bagi tenaga kerja Indonesia," tuturnya. (OL-2)

Baca Juga

Antara

Pemerintah Harus Tetapkan Kriteria Terkait Revisi PP Hak Narapida

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 01 April 2020, 23:33 WIB
Pemerintah diminta tidak menyelipkan agenda terselubung dalam proses asimilasi narapidana akibat pandemi...
Dok MI

Perppu Harus Akomodasi Anggaran Penundaan Pilkada

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 01 April 2020, 22:57 WIB
Dijelaskannya, dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 sejumlah daerah sempat mengalami kekurangan anggaran. Bahkan ada daerah yang terlambat...
Antaranews.com

90 Menit ke Depan, Indonesia Tutup Pintu bagi WNA

👤Antara 🕔Rabu 01 April 2020, 22:31 WIB
Peraturan tersebut dituangkan dalam Peraturan Menkumham Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya