Selasa 04 Februari 2020, 10:45 WIB

One Krisnata Group Bangkitkan Seni Tradisional

Djoko Sardjono | Nusantara
One Krisnata Group Bangkitkan Seni Tradisional

MI/Djoko Sardjono
Penampilan sendratari Roro Jonggrang di pembukaan Gedung Kesenian Prambanan.

 

SEBUAH gedung kesenian cukup representatif  dibangun di Prambanan, Klaten (Jateng), yang pembukaannya dimeriahkan dengan pentas sendratari Roro Jonggrang, Senin (3/2) malam.

Graha Purba Wasesa Kencana, nama gedung pertunjukan seni budaya tersebut, dibangun One Krisnata Group yang lokasinya tidak jauh dari objek wisata Candi Prambanan.

Dalam keterangannya di Graha Purba Wasesa Kencana, One Krisnata yang didampingi Kasih Anggoro mengatakan gedung teater itu dibangun dengan kapasitas 250 tempat duduk.

"Maksud dan tujuan kami membangun gedung pertunjukan ini, adalah untuk menghidupkan dan membangkitkan kembali kejayaan seni budaya tradisional lokal daerah," jelasnya.

Baca juga: Gubernur Nyatakan Bali Aman dan Nyaman Dikunjungi Wisatawan

Jadi, lanjut One, Graha Purba Wasesa Kencana disediakan sebagai tempat pertunjukan atau pentas bagi pelaku seni. Dengan begitu, keberadaan seni tradisional akan tetap lestari.

Pelestarian dan pengembangan potensi seni budaya tradisional, seperti sendratari,  musik, ketoprak, dan wayang kulit perlu dilakukan agar tidak punah seiring dengan kemajuan zaman.

"Jadi, gedung teater ini disediakan untuk tempat pentas bagi sanggar-sanggar lokal maupun pelaku seni tanpa dipungut biaya. Tapi, sebaliknya penampilan mereka dibayar," pungkasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More