Senin 15 Februari 2016, 05:30 WIB

Kahitna Mencapai 30 Tahun Bermodal Kesetiaan

MI/Retno Hemawati | Hiburan
Kahitna Mencapai 30 Tahun Bermodal Kesetiaan

MI/Arya Manggala

 

GRUP musik asal Bandung, Kahitna, tahun ini menginjak usia 30 tahun. Untuk merayakan pencapaian yang langka itu, mereka menggelar konser bertajuk Kahitna 30 Years Anniversary Love Festival, Sabtu (13/2). Yovie Widianto, yang merupakan motor band, tidak menyangka Kahitna mampu mencapai usia 30. Secara sekilas, Yovie berbagi cerita suka duka Kahitna dalam kurun 30 tahun. Kahitna sendiri terbentuk saat Yovie berusia 18 tahun, atau selepas lulus dari SMA. "Ah, ini punya band paling 3-4 tahun aja. Setelah itu, saya kerja di mana gitu," ujar Yovie saat mengungkapkan angan-angannya pada awal mula membentuk Kahitna yang beranggotakan sembilan personel itu. Yovie bersyukur sekaligus tidak menyangka hingga di usia 30 tahun Kahitna masih dilihat eksistensinya, masih dikenal sebagai band dengan musik penuh cinta, dan masih dengan personel yang sama ketika awal mula dibentuk, yakni Yovie Widianto, Hedi Yunus, Carlo Saba, Mario Ginanjar, Doddy Is, Harry Suhardiman, Budiana, Andrie Bayuadjie, dan Bambang Purwono.

Selain personel panggung, mereka masih setia dengan manajer yang sama, teman dan sahabat yang sama, serta kru yang mayoritas masih sama, bahkan kini berkembang dengan perusahaan yang lebih besar lagi. Selama 30 tahun, Yovie menuturkan, Kahitna tidak selalu berada di jalan yang mulus. Kahitna mengawali pencapaiannya saat ini sebagai band festival dengan aliran musik jazz yang tampil di acara-acara yang kurang diminati dan sempat mengalami sulitnya mencari label. Tak hanya itu, Kahitna kerap diuji dengan pergolakan selera musik di masyarakat, seperti saat masyarakat sedang menggandrungi musik rock and roll. Meski demikian, Kahitna tetap konsisten dengan musik bertema cinta yang seolah sudah melekat sebagai identitas.

Dalam konser Kahitna 30 Years Anniversary Love Festival, terdapat 20 band dan penyanyi papan atas yang turut serta tampil. Yovie pun merasa terharu atas dukungan musisi muda pada konser mereka kali ini. Karya-karya Kahitna pun dinilai mampu dinikmati semua kalangan, baik tua maupun muda. "Saya sendiri heran kenapa sampai sekarang masih diundang ke acara pertunjukan seni, penonton kita usianya bahkan 20-25 tahun lebih muda daripada kami," ujar Yovie. Yovie berharap di usia ke-30, Kahitna mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi musisi muda. Di usia 30 tahun, Kahitna membuktikan konsistensi dan komitmen akan membuahkan hasil.

Kisah unik
Kahitna, selain istimewa bagi para penggemarnya yang disebut sebagai Soulmate, juga merajut kisah unik bagi para personelnya. "Waktu remaja, saya kalau ditanya nanti kalau sudah besar mau jadi apa, saya bilangnya mau jadi menteri budaya. Tapi sekarang Alhamdulillah saya sudah enam kali jadi presiden di Kahitna," ujar Yovie. Sementara itu, personel lain, Hedi Suleiman atau Hedi Yunus, 47, mengaku konser kali ini lebih santai jika dibandingkan dengan ulang tahun ke-25 Kahitna. Mario Ginanja, 33, yang dijuluki anak bungsu Kahitna, justru tidak henti-hentinya menangis saat latihan.

"Ini saya kena tulahnya. Waktu konser 25 tahun, Hedi yang tidak berhenti nangis di panggung. Sekarang malah saya yang nangis saat latihan," ujar Mario yang baru bergabung dengan Kahitna 15 tahun yang lalu. Menjadi penggemar Kahitna sejak sebelum bergabung hingga kini dapat bersama di usia 30 tahun membuatnya terharu sekaligus bangga. (Sita Sofieah/H-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More