Senin 03 Februari 2020, 17:12 WIB

Menkes Sebut ada 19 Daerah Berisiko Terpapar Virus Korona

Kautsar Bobi | Humaniora
Menkes Sebut ada 19 Daerah Berisiko Terpapar Virus Korona

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menyebut terdapat belasan daerah yang beresiko terpapar virus korona. Lantaran berdekatan dengan akses keluar dan masuk menuju Tiongkok.

"Telah diidentifikasi 19 daerah berisiko yang memiliki akses langsung dari dan ke Tiongkok baik melalui darat laut dan udara," ujar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2).

Baca juga: Kesehatan 238 WNI di Natuna Diperiksa Dua Kali Sehari

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kemenkes telah menyiapkan beberapa perlengkapan pendukung. Salah satunya alat pengukur suhu atau thermal scanner yang disiagakan di beberapa bandara dan pelabuhan.

"Serta sudah disiapkan logistik untuk mencegah masuknya virus corona, seperti thermal scanner, masker n-95, Alat Pelindung Diri (APD)," jelasnya.

Selain itu, pemerintah telah menyiapakan 100 rumah sakit yang telah berpengalaman sebagai rumah sakit rujukan virus flu burung. RS tersebut bertaraf nasional, provinsi, dan daerah.

"Kesiapan rumah sakit rujukan penyakit infeksi emerging perlu dilakukan maping ulang karena 100 RS rujukan flu burung ini ditetapkannya pada 2007.

Jadi perlu cek dan recheck semuanya," pungkasnya. (Medcom.id/OL-6)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More