Senin 03 Februari 2020, 15:27 WIB

Sepanjang Januari, Majalengka Diterpa 34 Bencana

Nurul Hidayah | Nusantara
Sepanjang Januari, Majalengka Diterpa 34 Bencana

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau alat pengukur curah hujan di halaman BMKG Stasiun Kertajati.

 

SEPANJANG Januari 2020, sebanyak 34 kejadian kebencanaan terjadi di Kabupaten Majalengka. Kewaspadaan diminta terus dilakukan warga.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari BPBD Kabupaten Majalengka, sebanyak 34 kejadian kebencanaan terjadi sepanjang Januari 2020 lalu. "Kejadian kebencanaan didominasi longsor sebanyak 15 kali," ungkap  kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Majalengka, Agus Permana, Senin (3/2).

Selain longsor kejadian kebencanaan lainnya yiatu banjir, erosi, cuaca ekstrim, pergerakan tanah, sambaran petir, kebakaran bangunan dan bencana lainnya. "Dari semua kejadian tersebut tercatat 71 jiwa dari 24 kepala keluarga (KK) yang terdampak," ungkap Agus. 

Ditambahkannya, dari 71 jiwa yang  terdampak bencana, 59 warga menderita dan 11 warga mengungsi. "Tapi ada pula seorang warga yang meninggal dunia," ungkap Agus. 

Selain warga, bencana juga membuat bangunan menjadi rusak. tercatat ada 104 bangunan yang mengalami kerusakan, baik ringan, sedang maupun berat. Selain itu ada pula 84 bangunan yang terancam. "Kami tetap mengimbau warga untuk selalu waspada," ungkap Agus. Imbauan ini karena hingga kini musim penghujan masih terjadi di wilayah Kabupaten Majalengka. (OL-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More