Senin 03 Februari 2020, 15:22 WIB

Sidak ke Pasar Senen, Mentan dan Mendag Pantau Harga Pangan

 Faustinus Nua | Ekonomi
Sidak ke Pasar Senen, Mentan dan Mendag Pantau Harga Pangan

MI/ANDRI WIDIYANTO
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (kanan) dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjau los pedagang di Pasar Senen.

 

MENTERI Pertanian Syahrul Yanis Limpo dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Senen, Jakarta hari ini, Senin (3/2). Sidak tersebut untuk memantau harga dan pasokan pangan.

"Hari ini kita lihat dan ternyata isu-isu, katakanlah terhadap kenaikan bawang putih dan cabai kami langsung cek atau penurunan telur dan lain-lain. Ini terkait supply and chain, pasok dan ketersediaan distribusi lain," ungkap Mentan SYL, sapaan akrabnya, di Pasar Senen, Jakarta (3/2).

Dijelaskannya beberapa komoditas seperti cabai dan bawang putih mengalami kenaikan harga. Hal itu dipengaruhi pergeseran musim yang berakibat pada keterlambatan musim panen petani di sejumlah daerah di Pulau Jawa.

"Tapi dalam hitung-hitungan dan maping yang kita laporkan ke Kementerian Perdagangan ini masih bisa disikapi. Kenaikan yang ada masih dalam bentuk normal artinya belum ada lonjakan yang mengagetkan," imbuhnya.

Baca juga: Cuaca Ikut Pengaruhi Angka Inflasi

Sementara Mendag Agus mengungkapkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian. Berdasarkan laporan Kementan, beberapa daerah seperti di Sulawesi dan Kalimantan mempunyai kecukupan panen, sehingga bisa di suplai ke wilayah Jawa dan lainnya.

"Provinsi lain kan punya produksi yang luar biasa, tinggal caranya dari kapal laut kita naikkan ke kapal udara, ya pastinya lebih cepat, ini cuma rantai pasok dari manajemen yang harus diperbaiki," kata dia.

Dari sidak yang dilakukan hari ini, kedua menteri menyimpulkan adanya kenaikan harga pangan. Akan tetapi kenaikan tersebut masih normal dan bahkan akan kembali stabil di akhir Februari nanti.

Berikut harga beberapa bahan pangan di Pasar Senen hari ini, bawang merah Rp35 ribu/kg, sedangkan  bawang Putih Rp45 ribu/kg, Cabai merah keriting Rp75 ribu/kg, Cabai rawit merah Rp85 ribu/kg, Tomat Rp15 ribu/kg, Kentang Rp15 ribu/kg.

Sementara itu, untuk harga daging sapi lokal Rp110 ribu-Rp115 ribu/kg, daging kerbau India Rp90 ribu-Rp100 ribu/kg, daging ayam Rp45 ribu/kg, Beras premium Rp12 ribu/kg telur ayam ras Rp21 ribu/kg. (A-2)
 

Baca Juga

Dok. Istimewa

Gelombang 4 Kartu Prakerja, Latihan Barista & Usaha Kopi Diminati

👤Gana Buana 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:52 WIB
Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Pra Kerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, dua materi tersebut merupakan suatu pelatihan yang...
Antara/Audy Alwi

Ini Penyesuaian Pemasaran Asuransi dari OJK di Masa Pandemi Covid

👤Hilda Julaikan 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:45 WIB
Menurut Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Riswinandi kebijakan itu dikeluarkan sebagai upaya OJK menjaga kinerja dan stabilitas industri...
Ilustrasi

Darurat Covid-19 Indonesia, Bank Dunia Siapkan Rp3,67 Triliun

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 21:50 WIB
Pendanaan ini akan mendukung Indonesia mengurangi risiko penyebaran, meningkatkan kemampuan mendeteksi, serta meningkatkan tanggapan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya