Senin 03 Februari 2020, 14:56 WIB

Cuaca Ikut Pengaruhi Angka Inflasi

Hilda Julaika | Ekonomi
Cuaca Ikut Pengaruhi Angka Inflasi

Antara/Weli Ayu Rejeki/
Nelayan di Karangantu, Banten, tidak melaut akibat cuaca buruk. Terganggunya logistik ikut memicu inflasi.

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan inflasi per Januari 2020 mencapai 0,39%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi Januari tahun sebelumnya yang mencapai 0,32%. 

Menanggapi hal ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan optimismenya angka inflasi ini bisa terus terjaga. 

Menurutnya salah satu indikator yang memengaruhi inflasi Januari ini adalah indikator cuaca. Adanya curah hujan yang tinggi, kata dia, berdampak pada sektor lainnya, termasuk logistik. Terganggunya sektor logistik ini memengaruhi sektor lainnya.

"Ya kalau kita lihatkan Januari terutama dengan adanya hujan dan logistik mungkin akan memengaruhi keseluruhan. Tapi kita tetap optimistis inflasi ini bisa terjaga," urainya di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia,  Salemba, Jakarta, Senin (3/1).

Sebagai informasi, inflasi Januari ini didasarkan pada acuan tahun dasar yang digunakan pada 2020 yakni berdasarkan tahun dasar 2018. Dengan rincian cakupan kota sebanyak 90, paket komoditas sebanyak 853, dan 11 pengelompokan pengeluaran.

Dari 90 kota Indeks Harga Konsumen (IHK) yang dipantau oleh BPS, terdapat 79 kota yang mengalami inflasi sedangkan 11 kota lainnya mengalami deflasi. Inflasi tertinggi tercatat mencapai 1,44% di Meulaboh, Aceh yang disebabkan oleh naiknya harga komoditas ikan dan rokok kretek filter. (M-4)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More