Senin 03 Februari 2020, 12:10 WIB

Mencari Solusi Masalah Masyarakat Lewat Cianjur Ngawangun Lembur

Benny Bastiandy | Nusantara
Mencari Solusi Masalah Masyarakat Lewat Cianjur Ngawangun Lembur

MI/BENNY BASTIANDY
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cianjur, Herman Suherman

 

UNTUK meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Cianjur meluncurkan program Cianjur Ngawangun Lembur (CNL). Setiap kali CNL digelar, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cianjur, Herman Suherman selalu mengajak serta pimpinan perangkat daerah untuk terjun ke setiap wilayah.

"Saya ajak pimpinan OPD terkait agar bisa melihat langsung permasalahan yang ada di masyarakat. Kemudian solusi apa yang mesti dilakukan," kata Herman, Senin (3/2).

Tak jarang Herman pun mengajak para inohong di lingkungan Pemkab Cianjur menginap di rumah warga. Upaya itu untuk mengasah kepekaan para pejabat terhadap kondisi riil di lapangan.

"Mereka (para pimpinan OPD) juga bisa bertemu langsung camat atau kepala desa untuk menyerap aspirasi yang dibutuhkan di masyarakat," terang mantan Direktur Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur ini. Seperti dilakukan di aula Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Minggu (2/2) malam. Seluruh pimpinan OPD dikumpulkan pada rapat koordinasi daerah sekaligus mengikuti program CNL di Kecamatan Sukaresmi.

Agenda rakorda banyak membahas berbagai program kerja pada awal tahun sekaligus jadi ajang tukar pikiran terkait persoalan yang ada di kecamatan. Ia pun berharap kepekaan para pejabat makin terasah.

"Insya Allah dengan melihat terus kondisi permasalahan yang ada di masyarakat, para pejabat di Cianjur akan semakin peka," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman bersama pimpinan OPD menginap di rumah warga yang tercatat sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sembako.

"Ini wujud pemerintah hadir di masyarakat. Kami merasakan betul apa yang dirasakan masyarakat penerima bantuan," beber Herman.

Rangkaian acara CNL tahun ini dimulai dari Kecamatan Sukaresmi. Mengambil tema Bersama Hadirkan Semangat Membangun Cianjur, CNL hadir sebagai festival pelayanan publik langsung di kecamatan.

baca juga: Pusat Diminta Kembangkan Daerah Penyangga Ibu Kota Baru

Selain mendapat kunjungan menginap Plt Bupati Cianjur dan para perangkat daerah, masyarakat juga bisa mendapatkan pelayanan publik mendasar seperti pembuatan KTP, KK, Akta Kelahiran, dan perizinan usaha langsung di tempat. Selain itu, ada juga stan untuk pemeriksaan kesehatan, promosi usaha kecil menengah (UKM), dan promosi produk unggulan tiap desa. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More