Senin 03 Februari 2020, 07:40 WIB

Rumah Sakit di Daerah Siapkan Ruang Isolasi

M Taufan Bustan | Nusantara
Rumah Sakit di Daerah Siapkan Ruang Isolasi

ANTARA
Rumah Sakit di Daerah Siapkan Ruang Isolasi

 

SELURUH rumah sakit di Sulawesi Tengah (Sulteng) menyiagakan ruang isolasi untuk pasien suspect virus korona. Ruang isolasi tersebut dilengkapi dengan fasilitas dan petugas kesehatan khusus.

Meski telah menyiapkan ruang isolasi, Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, Reny Lamadjido, mengatakan sampai saat ini di Sulteng belum ada laporan warga yang terjangkit virus korona.

"Ini sudah kewajiban. Kami sudah menginstruksikan seluruh rumah sakit untuk menyiagakan ruang isolasi," kata Reny di Palu, kemarin.

Dia melanjutkan ruang isolasi itu disiagakan agar bisa menangani pasien dengan baik jika ada warga yang terjangkit virus korona.

Selain itu, Dinas Kesehatan Sulteng juga mengimbau masyarakat menjaga pola hidup sehat karena kondisi tubuh yang melemah bisa membuat virus apa saja masuk ke tubuh, termasuk virus korona.

"Ketika merasa demam langsung periksa ke dokter. Ikuti anjuran dokter sehingga tubuh bisa kembali fit. Pokoknya pola hidup sehat itu perlu dijaga," tandasnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhamad Yusuf mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang menjemput WNI dari Wuhan, Tiongkok, dengan cepat. Namun, kepulangan para WNI tersebut ke setiap daerah terutama ke Kota Tasikmalaya, menurutnya, hingga kini belum ada informasi.

Meski begitu, pemerintah daerah telah telah menyediakan ruang isolasi jika ada warga yang tertular virus korona. "Kami tetap menyambut kepulangan mereka di Kota Tasikmalaya. Jika ada yang menjadi suspect virus korona, pemerintah daerah sudah menyiapkan ruang isolasi khusus di RSUD dr Soekardjo," kata Yusuf, kemarin.

Senada, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan masih menunggu kabar tentang daerah asal WNI yang dijemput dari Wuhan. "Kami juga telah menyiapkan ruang isolasi khusus," imbuhnya.

Di Bengkulu, pihak RSUD M Yunus telah menyiapkan dua ruangan isolasi sebagai antisipasi penyebaran virus korona. "Satu ruangan terdiri empat tempat tidur khusus jika ditemukan pasien terindikasi virus korona," kata Wakil Direktur Umum dan Pelayanan RSUD M Yunus Bengkulu, Ismir Fahri.

 

Belum ada

Pemerintah Provinsi Bali menegaskan hingga kini belum ada warga mereka yang terjangkit virus korona. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bali, I Ketut Suarjaya, Bali masih terbebas dari suspect virus korona.

Hal yang sama juga diungkapkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) III Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sebagai antisipasi, petugas KKP telah memperketat pemeriksaan warga asing yang tiba melalui bandara ataupun pintu penyeberangan Indonesia-Timor Leste.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, membantah hoaks di jejaring media sosial terkait dengan adanya pasien suspect virus korona yang dirawat di rumah sakit Pekanbaru. (AD/MY/RS/PO/RK/BY/RF/JI/JL/N-3)

 

Baca Juga

Medcom/Amaluddin

Khofifah Dorong Upaya Peningkatan SDM Muslimat NU

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 18:08 WIB
Muslimat NU yang selalu menggaungkan toleransi, keseimbangan, dan keadilan tersebut, dinilai perlu melakukan revitalisasi yang mencakup...
dok.mi

Pasien Sembuh Covid-19 di NTT Tambah 33 Orang, Kasus Baru Nihil

👤Palce Amalo 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:30 WIB
PASIEN sembuh dari covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT) bertambah 33 orang, Kamis (29/10). Sebaliknya, tidak ada tambahan kasus...
Antara

Hasil Panen Bawang Merosot Harganya Jadi Meroket

👤John Lewar 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:20 WIB
TURUNNYA hasil panen produksi petani bawang merah, putih dan bawang Bombai di beberapa daerah yang menjadi kantong produksi, menyebabkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya