Minggu 02 Februari 2020, 20:44 WIB

Rebut Australia Terbuka, Djokovic Geser Nadal

Akmal Fauzi | Olahraga
Rebut Australia Terbuka, Djokovic Geser Nadal

AFP
Novak Djokovic mencium piala Grand Slam Australia Terbuka

NOVAK Djokovic berhasil menggeser Rafael Nadal sebagai petenis peringkat satu dunia setelah menyabet Grand Slam Australia Terbuka. Petenis Serbia itu mengalahkan Dominic Thiem dalam pertarungan lima set yang berlangsung di Rod Laver Arena, Minggu (2/2).

Torehan ini menjadi gelar juara Autralia Terbuka kedelapan sepanjang karier Djokovic. Ia telah mengumpulkan 17 trofi grand slam sekaligus memangkas ketertinggalan dari Rafael Nadal (19 gelar) dan Federer (20 gelar).

Djokovic harus meladeni perlawanan petenis Austria 26 tahun itu yang tampil mengesankan sejak set pertama. Dia harus berjuang selama 4 jam 3 menit untuk meraih kemenangan.

Unggul di set pertama, petenis berusia 32 tahun itu sempat kendur sehingga kehilangan set kedua dan ketiga. Tapi, dia bangkit pada dua set terakhir dan dan mengunci kemenangan 6-4, 4-6, 2-6, 6-3, dan 6-4.

"Selamat kepada Dominic untuk turnamen yang menakjubkan. Itu tidak terjadi malam ini. Keberuntungan yang cukup. Anda hampir saja memenangkannya, Anda memiliki banyak waktu dalam karier Anda untuk mendapatkan salah satu piala Grand Slam. Lebih dari satu," kata Djokovic seusai laga.


Bagi Thiem, kemenangan Djokovic memupus ambisinya untuk meraih gelar grand slam pertama di ajang ini.

Thiem sudah tiga kali mencapai final grand slam, termasuk pada Australia Terbuka 2020. Pada final Prancis Terbuka 2018 dan 2019, Thiem dikalahkan Rafael Nadal.

Partai final kedua petenis ini memecahkan rekor jumlah penonton yang mencapai 31.020 penonton di Rod Laver Arena. Rekor terbanyak sebelumnya pada 2019 lalu dengan jumlah 30.753 penonton.

Selain itu, total kehadiran penonton di turnamen Australia Terbuka untuk 2020 mencapai 812.174. Jumlah itu sekaligus memecahkan rekor dari tahun sebelumnya yang mencapai 796.435 penonton.

Antusias juga terlihat di luar arena dengan menonton menggunakan layar lebar di partai final kali ini. (ATP/OL-8)

Baca Juga

AFP

Efek Korona, Federer Atlet Terkaya 2020

👤Ant 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 02:31 WIB
"Pandemi virus korona memicu pemotongan gaji bagi bintang sepak bola Messi dan Ronaldo, membuka jalan bagi pemain tenis naik peringkat...
AFP

Akui Berkomunikasi dengan Ferrari

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 01:15 WIB
DANIEL Ricciardo mengakui dirinya menjalin komunikasi yang intens dengan Ferrari sebelum resmi pindah ke McLaren untuk musim...
Antara

Kemenpora Susun Draft Protokol New Normal Covid-19

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 20:16 WIB
Kemeterian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah menyusun draft protokol untuk menggelar kegiatan latihan dan kompetisi/pertandingan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya