Senin 03 Februari 2020, 01:45 WIB

Puluhan Lobang Galian Emas Liar Ditutup

Puluhan Lobang Galian Emas Liar Ditutup

Dok. MI

 

KEPOLISIAN Resor Bogor terus melakukan penertiban tambang emas liar pascabencana longsor dan banjir di wilayah barat Kabupaten Bogor (Nanggung, Sukajaya, Cigudeg, dan Jasinga).
 
Sebanyak 23 lobang galian liar milik penambang emas tanpa ijin (PETI) yang disebut gurandil di kawasan Gunung Pongkor, Kecamatan Nanggung, ditutup Sabtu (1/2).

Sebanyak 700 personil gabungan Polres Bogor, Polda Jabar, unsur TNI, Polhut dan puluhan security PT Antam TBK, dikerahkan untuk melaksanakan operasi tersebut.

Lobang gurandil yang ditutup itu ada di dua blok, yaitu Citorek dan Cisuren. Sebanyak 13 lobang ada di Blok Citorek dan 10 lobang di Blok Cisuren. Lobang-lobang itu merupakan galian emas yang masuk areal kawasan PT Antam.

Selain merusak alam dan menimbulkan bencana, keberadaan dan aktivitas gurandil melanggar UU No 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara (minerba)

“Coba kita bayangkan saja secara visual bagaimana dampak akibatnya jika ada sebuah gunung yang di sekitarnya terdapat lobang-lobang gurandil. Tentunya ini akan menimbulkan bencana alam,” kata Karo Ops Polda Jabar Komisaris Besar Stephen M. Napiun.

Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar Muhammad Joni yang hadir mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memelihara keamanan dan sebagai peran serta memberikan wujud kontribusi nyata aparat dalam menjaga lingkungan, pasca terjadinya bencana alam pada berbagai titik di Kabupaten Bogor.

Selain upaya yang dilakukan dalam bentuk preemtif melalui penutupan lobang-lobang galian liar, kepolisian juga melakukan kegiatan dalam bentuk represif contohnya pengungkapan kasus PETI oleh Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bogor pada (19/01). Saat itu, polisi berhasil menangkap dua bos besar atau pemilik lobang gurandil.

Seperti diketahui, bencana longsor dan banjir di empat wilayah barat Kabupaten Bogor, yang sebagian lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Halimun Salak (TNGHS) itu menelan banyak korban jiwa. Ada ratusan titik longsor dan puluhan kilometer jalan putus dan tertutup longsor. (DD/J-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More