Senin 03 Februari 2020, 00:05 WIB

Menteri Australia Mundur Terkena Skandal Pendanaan

Menteri Australia Mundur Terkena Skandal Pendanaan

theaustralian.com.au
Menteri Pertanian Australia, Bridget McKenzie

 

MENTERI Pertanian Australia, Bridget McKenzie, mengundurkan diri, Minggu (2/2), di tengah kemarahan setelah audit independen menemukan uang dari dana pengembangan olahraga sebesar A$ 100 juta (Rp912 miliar) digunakan untuk membidik kursi di pemerintahan sebelum pemilihan federal tahun lalu.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan McKenzie seorang mantan menteri olah raga telah mengundurkan diri karena gagal mengungkapkan ia adalah anggota salah satu klub menembak yang menerima uang pembayar pajak.

“Atas dasar itu menteri telah mengajukan pengunduran dirinya kepada saya sore ini,” kata Morrison pada konferensi pers.

Morrison, yang sudah menghadapi banyak kritik atas penanganan krisis kebakaran hutan selama berbulan-bulan di Australia, berkeras ia telah menangani skandal hibah selama seminggu dengan cara stabil, tenang, dan hati-hati.

McKenzie dilaporkan mengabaikan rekomendasi dari Sports Australia tentang siapa yang harus mendapatkan uang, alih-alih menyalurkannya ke daerah-daerah yang akan membantu koalisi yang berkuasa.

Beberapa proyek termasuk ribuan dolar untuk membangun ruang ganti perempuan di klub rugby yang tidak memiliki pemain perempuan.

Daftar proyek potensial dilaporkan diberi kode warna sesuai dengan partai politik mana yang memegang kursi atau yang merupakan target koalisi.

Pihak oposisi Partai Buruh menyangkutpautkan Morrison dengan skandal itu, menuduh McKenzie adalah pemain yang dipecat karena mengikuti instruksi pelatih.

McKenzie, wakil ketua partai Nasional, telah berjuang selama berminggu-minggu untuk menyelamatkan karier politiknya setelah audit yang memberatkan terhadap pengeluaran publik.

Ia menerima laporan yang diungkap departemen Perdana Menteri dan Kabinet, keanggotaannya di klub menembak tidak memenga-ruhi pengambilan keputusannya. (AFP/Hym/I-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More