Minggu 02 Februari 2020, 19:00 WIB

Virus Korona Berdampak pada Pengiriman Smartphone

Antara | Ekonomi
Virus Korona Berdampak pada Pengiriman Smartphone

ANTARA
Ilustrasi Smartphone

 

PENGIRIMAN smartphone secara global diprediksi menurun 2% dari yang diperkirakan tahun ini karena meluasnya wabah virus korona, yang diyakini bakal menghambat pasokan dan manufaktur.

Menurut lembaga riset pasar Strategy Analytics, sebagaimana dilaporkan Yonhap, Minggu (2/2), bahwa wabah virus korona akan memengaruhi ekonomi Tiongkok dan global, yang pada gilirannya akan berdampak buruk pada pengiriman smartphone global karena ekonomi yang lambat dan belanja konsumen yang lemah.

Baca juga: Pemerintah Berhasil Pulangkan 243 Orang ke Tanah Air dari Wuhan

Penyebaran virus tersebut juga akan berdampak pada pasokan dan manufaktur smartphone global di Tiongkok, mengingat negara dengan ekonomi terbaik kedua di dunia itu memproduksi 70% dari seluruh ponsel pintar yang dijual di dunia.

Untuk Tiongkok, pengiriman smartphone diprediksi 5% lebih rendah dari yang diperkirakan tahun ini karena wabah virus korona.

Strategy Analytics menambahkan penundaan operasional pabrik, baik karena karantina maupun pembatasan perjalanan bisnis, sementara waktu ini akan menyebabkan kurangnya pasokan tenaga kerja. (Ant/OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More