Minggu 02 Februari 2020, 18:15 WIB

Perlu Dibentuk Satgas Perlindungan Anak di Tingkat Rukun Tetangga

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Perlu Dibentuk Satgas Perlindungan Anak di Tingkat Rukun Tetangga

MI/Tosiani
Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi.

 

KETUA Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi, menuturkan dalam upaya perlindungan dan pengasuhan anak, termasuk pencegahan perkawinan anak diperlukan keterlibatan masyarakat.

"Jadi (masyarakat) ikut bekerja sama dengan pemerintah dalam memberdayakan lembaga-lembaga yang paling awal dekat dengan masyarakat yaitu RT dan RW atau perangkat desa," kata Seto saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (2/2).

Baca juga: Pemerintah Observasi WNI Selama 2 Minggu di Natuna

Pria yang akrab disapa Kak Seto ini menjelaskan, cara melibatkan pihak RT dan RW/perangkat desa dalam perlindungan anak yaitu dengan membentuk seksi/satgas perlindungan anak di tingkat tersebut. Langkah ini sudah diterapkan di daerah Tangerang Selatan hingga mendapat rekor muri sebagai kota pertama di Indonesia yang seluruh RT-nya dilengkapi dengan satgas perlindungan anak.

"Jadi warga di daerah kan kalau RT ada ketua RT, ada sekretaris RT, ada seksi-seksi yang dipimpin ketua dan anggotanya. Contohnya, seksi keamanan ketuanya siapa, anggotanya siapa, seksi kebersihan ketuanya siapa, anggotanya siapa. Nah, ditambah satu seksi lagi, yaitu seksi perlindungan anak," ujarnya.

Menurut Kak Seto, langkah ini juga dapat menjadi upaya preventif dalam perlindungan anak, sebab kesadaran masyarakat tentang perlindungan anak benar-benar ditumbuhkan dari bawah.

"Termasuk perkawinan, ide-idenya ditanamkan sejak dini bahwa yang menikah itu sekarang harus ada usianya, supaya anaknya nanti sehat, supaya tidak mudah bercerai, supaya lebih matang kepribadian masing-masing," imbuhnya.

Selain melibatkan perangkat masyarakat hingga lapisan terbawah, Seto menilai, Kementerian PPPA juga perlu menggandeng Kementerian Dalam Negeri agar pengawasan pada pemerintah daerah semakin maksimal. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More