Minggu 02 Februari 2020, 17:30 WIB

BMKG: Kemayoran Diguyur Hujan Paling Lebat

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
BMKG: Kemayoran Diguyur Hujan Paling Lebat

ilustrasi
Hujan

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat curah hujan tertinggi yang mengguyur Jakarta hari ini ada di Kemayoran.

Kemayoran hari ini diguyur hujan hingga 128,9 mm kemudian disusul Pulomas 98,4 mm, Kelapa Gading 93 mm, Tanjung Priok 86,1 mm, Sunter Timur 80 mm, dan Manggarai 62,8 mm.

Baca juga: WNI dari Wuhan tak Diperbolehkan Keluar Area selama Observasi

Kabag Humas BMKG Taufan Maulana pun menyebut potensi hujan sangat lebat masih akan membayangi wilayah jabodetabek hingga malam ini.

"Masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore ini di Depok, Bekasi, Tangerang hingga Bogor," ungkap Taufan ketika dihubungi, Minggu (2/2).

Sementara itu, tingginya curah hujan di Indonesia untuk tiga hari ke depan diprediksi BMKG karena berbagai faktor, antara lain Gelombang Ekuator (gelombang Kelvin) di Samudera Hindia Barat Banten, dan Papua Barat yang memberikan potensi hujan di wilayah tersebut.

Adanya, Intrusi Udara Kering (Dry Intrusion) yang terjadi memanjang dari Perairan Utara Aceh, laut Natuna, laut Cina Selatan, Filipina hingga Samudera Pasifik Timur Filipina. Kondisi ini menimbulkan potensi pertumbuhan awan hujan di daerah muka 'dry intrusion', yakni di Aceh dan Sumatera Utara bagian Utara.

"Daerah potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara," ungkapnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More