Minggu 02 Februari 2020, 09:10 WIB

Tiongkok Laporkan Wabah Flu Burung H5N1 di Hunan

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Tiongkok Laporkan Wabah Flu Burung H5N1 di Hunan

AFP/Seyllou
Ilustrasi peternakan ayam

 

SAAT sedang berjuang menangkal virus korona baru yang mematikan, Tiongkok melaporkan adanya wabah flu burung H5N1 di sebuah peternakan di Kota Shaoyang, Provinsi Hunan.

Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan, Sabtu (1/2), mengatakan kasus tersebut terjadi di sebuah peternakan yang memiliki 7.850 ayam, 4.500 ekor di antaranya meninggal karena flu burung.

Pihak berwenang telah memusnahkan 17.828 ekor unggas setelah wabah itu.

Tiongkok tidak sendiri dalam upaya menghentikan penyebaran virus ini. Awal pekan ini, pihak berwenang di India juga mulai memusnahkan ayam dan telur untuk mengekang virus flu burung tersebar. Strain yang berbeda, virus H5N8, telah menyebar ke seluruh Eropa timur dalam beberapa minggu terakhir.

Menurut pakar di PBB, wabah flu burung di Tiongkok pada 2013 berakhir dengan kerugian ekonomi US$6,5 miliar.

Baca juga: WNI dari Tiongkok Dikarantina di Pangkalan TNI Natuna

Wabah terbaru ini datang pada saat Tiongkok sedang bergulat dengan virus korona baru yang telah menyebar di seluruh dunia. Pusat wabah di Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Virus korona misterius itu telah menewaskan lebih dari 300 orang di Tiongkok dengan lebih dari 14.000 kasus dikonfirmasi di negara itu.

Pejabat tinggi Partai Komunis di Wuhan, kota berpenduduk 11 juta jiwa, menyatakan 'penyesalan' pada Jumat lalu karena pemerintah setempat bertindak terlalu lambat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah itu sebagai darurat kesehatan global. Tetapi mereka tidak merekomendasikan pembatasan perdagangan internasional atau perjalanan.

Kasus virus korona baru telah menyebar di lebih dari 20 negara.(CNA/OL-5)

Baca Juga

AFP/JIM WATSON

Trump Tuduh Rumah Sakit Menimbun Ventilator

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 30 Maret 2020, 13:20 WIB
Presiden Donald Trump menuduh rumah sakit, Minggu (29/3), menimbun ventilator yang kini ketersediaannya langka di seluruh Amerika Serikat...
AFP/Muhammad Haj Kadour

Suriah Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 30 Maret 2020, 12:54 WIB
Negara yang kerap diguncang perang semakin khawatir dengan pandemi covid-19. Apalagi, sudah ada korban meninggal akibat virus...
Courtesy: Sven Teschke/Creative Commons/AFP

Cemas Covid-19, Menkeu Negara Bagian Hesse, Jerman Bunuh Diri

👤Deri Dahuri 🕔Senin 30 Maret 2020, 11:55 WIB
Menkeu Negara Bagian Hesse, Jerman, Thomas Schaefer bunuh diri diduga akibat mengalami 'kecemasan berat'  terkait bagaimana...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya