Minggu 02 Februari 2020, 09:00 WIB

Banjir Landa Dua Kecamatan di Kabupaten Jember

Amaluddin | Nusantara
Banjir Landa Dua Kecamatan di Kabupaten Jember

Dok.BPBD Jatim
Luapan Sungai Kalijompo yang mengakibatkan banjir di Kecamatan Sukorambi

 

DUA kecamatan di Kabupaten Jember dilanda banjir, yakni Kecamatan Sukorambi dan Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang.

"Akibat intensitas hujan yang tinggi, debit air sungai Kalijompo meluap ke permukiman penduduk hingga masuk ke dalam sekitar 10 rumah warga. Sehingga, banyak yang terendam air dengan ketinggian air 15 sentimeter," kata Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal, Sabtu (1/2).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Warga terdampak banjir juga telah dievakuasi ke tempat aman, dibantu TNI, Polri, Tagana, BPBD Jember, dan sejumlah relawan lainnya.

Alfian memimpin langsung kegiatan aksi tanggap dan siaga bencana banjir tersebut. Bersama jajarannya, memantau permukiman warga terdampak banjir di Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang.

Baca juga: Banjir Bandang Landa Kawasan Ijen Bondowoso

Alfian mengimbau masyarakat yang terdampak banjir, agar selalu waspada dan mengawasi anak-anaknya supaya tidak bermain di sekitar sungai. Hal ini bertujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami khawatir nantinya akan ada banjir susulan, mengingat intensitas cuaca hujan masih cenderung tinggi. Maka itu, kami imbau untuk melakukan evakuasi mandiri dan segera melaporkan ke pihak terkait. Utamakan keselamatan jiwa," ungkapnya.

Saat ini, lanjut Alfian, kepolisian terus berkoordinasi dengan Basarnas dan BPBD Kabupaten Jember untuk menyiapkan tenda darurat di lokasi terdampak bencana banjir. Kemudian menyiapkan dan menyiagakan kekuatan personil, dan logistik penanggulangan bencana alam.

Sementara itu, Kapusdatin BNPB Agus Wibowo menyampaikan dampak dari banjir di Kecamatan Sukorambi mengakibatkan 165 jiwa mengungsi ke tenda-tenda yang didirikan oleh masyarakat yang berada di bantaran sungai Kalijompo serta 1 jembatan terputus.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Pakai Ambulan untuk Pernikahan, Berurusan dengan Polisi

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 02:35 WIB
Selain menahan ambulan tersebut, polisi juga mengamankan dua orang yang terlibat dalam penyalahgunaan mobil tersebut. Kedua orang tersebut...
ANTARA

Pemkab Sukabumi Akan Bagikan 1 Juta Masker ke Masyarakat

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 02:15 WIB
Implementasi program Gebrak Masker akan dilaksanakan dengan membagikan sebanyak 1 juta buah masker kepada masyarakat. Masker yang nanti...
DOK MI

Bawaslu NTT: Jangan Politisasi Dana Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:15 WIB
Pasangan calon kepala daerah yang terbukti melakukan pelanggaran dengan memanfaatkan program pemerintah dalam kampanye, bakal dikenai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya