Sabtu 01 Februari 2020, 20:55 WIB

Puncak Musim Hujan, Hujan Lebat Diprediksi Guyur Indonesia

Ilham Ananditya | Humaniora
Puncak Musim Hujan, Hujan Lebat Diprediksi Guyur Indonesia

MI/Ramdani
Awan mendung menggelayut di langit Jakarta

 

PUNCAK musim hujan biasanya terjadi pada bulan Februari. Karena itu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memprediksi hujan dengan intensitas tinggi yang bisa menyebabkan bencana banjir akan terjadi pada bulan ini.

"Biasanya kejadian puncaknya (curah hujan tinggi) di bulan Februari. Entah mengapa tahun ini ada kedatangan (cuaca) ekstrim di awal tahun," kata Edvin Aldrian, Profesor Meteorolgi dan klimatologi BPPT.

Dengan curah hujan yang lebih tinggi, Edvin memperingatkan ada potensi banjir seperti di awal tahun ini bisa terulang kembali, terutama di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Bisa kemungkinan (banjirnya lebih parah) jika memang (curah hujan) tinggi dan memang puncaknya" ujar Edvin.

Baca juga : Curah Hujan Tinggi, BPPT Fokus ke Modifikasi Cuaca

Berdasarkan pengamatannya, Indonesia bagian barat memang berpotensi dilanda curah hujan dengan intensitas tinggi hingga beberapa hari ke depan.

"Prediksi kita berjalan minggu ke minggu secara regular. Saya melihat kemampun prediksi ekstrim secara nasional sudah cukup memadai. Masih perlu peningkatan kemampuan prediksi kedepan." ujar Edvin.

BPPT pun berupaya mengantisipasi curah hujan tinggi itu lewat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). BPPT dan TNI Angkatan Udara pun mengaku siap jika harus melakukan penyemaian garam  di malam hari mengantisipasi hujan lebat pada dini hari yang sulit diantisipasi. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Top Tags

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More