Sabtu 01 Februari 2020, 17:58 WIB

UI Luluskan 3.955 Wisudawan dari Jenjang D3 – S3

mediaindonesia.com | Humaniora
UI Luluskan 3.955 Wisudawan dari Jenjang D3 – S3

Dok UI
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kiri) dan Rektor UI Ari Kuncoro (tengah).

 

SEBANYAK 3.955 wisudawan Universitas Indonesia (UI) mengikuti Upacara Wisuda Program Vokasi, Sarjana, Magister, Profesi, Spesialis dan Doktor Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Media Indonesia, Sabtu (1/2), tidak kurang dari 1.007 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude.

Upacara wisuda kali ini diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Dies Natalis UI ke-70.

Baca juga: UI Geser UGM sebagai Kampus Terbaik Versi Webometrics

Dalam Upacara Wisuda Program Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor yang diisi dengan Orasi Ilmiah bertajuk Arah Kebijakan Penanaman Modal Indonesia oleh Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Adapun dalam Upacara Wisuda Program Sarjana dan Vokasi dilakukan Kuliah Umum oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Rektor UI Ari Kuncoro memimpin upacara Wisuda dan Dies Natalis yang dilaksanakan pada Sabtu (1/2) di Balairung UI, kampus Depok.

Baca juga:  FKUI Kukuhkan Dua Guru Besar bidang Orthopedi dan Urologi

Sekretaris Universitas Agustin Kusumayanti memaparkan, prosesi Upacara Wisuda Program Pascasarjana diikuti oleh 1.991 wisudawan yang terdiri atas 199 wisudawan Program Profesi, 349 wisudawan Program Spesialis, 1.311 wisudawan Program Magister dan 132 wisudawan Program Doktor. Sebanyak 106 wisudawan Program Profesi mendapatkan predikat Cumlaude, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yaitu 3,98 yang diraih oleh Rio Agustian Fajarin dari Fakultas Teknik. Pada Program Spesialis, 68 wisudawan meraih predikat Cumlaude dengan IPK tertinggi diraih oleh Adeline Clarissa, wisudawan asal Fakultas Kedokteran Gigi program studi Spesialis Ilmu Konservasi Gigi dengan IPK 3,94.
 
Sedangkan 314 wisudawan Program Magister meraih predikat Cumlaude di mana IPK tertinggi dengan angka perolehan IPK 4 diraih oleh Diana Novia, Sakinah, Ahmad Syahroni, dan Reyhan Dani Lambaga dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Reni Setyowati dan Rif'at Ahdi Ramadhani dari Fakultas Ilmu Komputer.

Baca juga: Jean Richard Jokhu Jadi Doktor asal Papua Termuda di UI

Pada jenjang Doktoral, UI menghasilkan 132 Doktor dari 12 Fakultas di UI. Terdapat 23 wisudawan Program Doktor mendapatkan predikat Cumlaude di mana terdapat tiga doktor yang meraih IPK sempurna (4,00) yaitu Pitu Wulandari, Muhammad Abdan Shadiqi, dan Joevarian Hudiyana.

Wisuda kali ini juga diikuti oleh perwakilan keluarga dari Doktor Anumerta Matsuda Hiroshi. Mendiang Matsuda Hiroshi mengajukan disertasi yang berjudul “Strategi ‘Pintu Terbuka’ sebagai Bentuk Kebersinambungan Kepercayaan Lokal Tan Hu Cin Jin di Wilayah Timur, Jawa Timur”. Ia merupakan warga negara Jepang yang tutup usia setelah menjalani ujian doktoral di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI.

Rektor UI Ari Kuncoro menyampaikan, sejak 70 tahun lalu. UI melanjutkan warisan sejarah akademik dalam bentuk inovasi dalam penemuan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengajaran berstandar internasional hingga diakui sebagai universitas peringkat ke-59 di Asia dan peringkat terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan QS World Ranking University.

Selain itu, UI berhasil meraih peringkat 80 dunia sebagai perguruan tinggi yang memberikan dampak social dan ekonomi berbasis Sustainability Development Goals (SDG’ menurut Times Higher Education. (X-15)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More