Sabtu 01 Februari 2020, 06:45 WIB

Pemerintah Diminta Optimal Lindungi Kelompok Minoritas

Theofilus Ifan Sucipto | Politik dan Hukum
Pemerintah Diminta Optimal Lindungi Kelompok Minoritas

MI/ATET DWI PRAMADIA
Ilustrasi--Sebuah spanduk larangan pembangunan Gereja HKBP Filadelfia yang masih disegel di Jalan Jejalen Jaya, Tambun, Kabupaten Bekasi

 

PEMERINTAH diminta adil dalam menegakkan hukum di Indonesia. Salah satunya, memastikan hak masyarakat dari semua golongan tidak dilanggar.

"Negara tidak boleh kalah dari kelompok kekerasan yang kerap menyangkal hak-hak konstitusional kelompok minoritas," kata Direktur Riset Setara Institute, Halili di Jakarta, Jumat (31/1).

Halili menyayangkan masih ada pelanggaran kebebasan beragama.

Yang teranyar, kata dia, sekelompok masyarakat yang diduga merusak Musala Al-Hidayah di Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara.

"Sebelumnya, tindakan main hakim sendiri bahkan dengan kekerasan menimpa beberapa gereja," imbuhnya.

Baca juga: Wapres Ingatkan Tugas NU Rawat Moderasi akan Makin Berat

Setara Institute, kata Halili, mengutuk tindakan tersebut. Dia menyebut hal itu bertentangan dengan hak warga negara yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Untuk itu, Setara Insitute mendesak pemerintah melaksanakan mandat konstitusional Pasal 28E Ayat (1) dan (2) serta Pasal 29 Ayat (2) UUD 1945. Salah satu caranya dengan melindungi kelompok minoritas dengan optimal.

"Dalam situasi demikian, negara harus menegaskan inklusi terhadap seluruh kelompok warga," tegas Halili.

Halili menambahkan tindak kekerasan itu menggerus proses demokrasi yang sejatinya terbuka pada aspirasi. Namun, kata dia, proses tersebut harus menggunakan pendekatan nonkekerasan.

"Aparat kepolisian juga harus menjalankan fungsi perlindungan dan pengamanan dengan tidak mengistimewakan mayoritas," pungkas Halili. (OL-1)

Baca Juga

MI/Susanto

NasDem Usul Gaji Anggota DPR Dipotong 50% Untuk Tangkal Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Maret 2020, 13:14 WIB
Fraksi Partai NasDem mengusulkan pemotongan 50% gaji anggota dewan yang terhormat mulai bulan April 2020 untuk membantu menanggulangi wabah...
ANTARA/SIGID KURNIAWAN

Sandiaga dan Prabowo Bertarung pada Pilpres 2024

👤Cah/Ant/P-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 07:25 WIB
Raihan yang diperoleh Sandi itu jauh lebih tinggi dari tokoh terkenal lainnya, seperti Prabowo Subianto yang hanya memperoleh...
ANTARA/FAUZAN

Jangan Sampai Muncul Ketidakadilan Baru

👤Rif/P-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 07:15 WIB
Jika LP berhenti melaksanakan fungsi pemidanaan karena kelebihan kapasitas dan mewabahnya virus korona, yang menjadi pertanyaan bagaimana...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya