Sabtu 01 Februari 2020, 00:20 WIB

Karhutla Mengancam Wilayah Ibu Kota Australia

BBC/Rif/X-11 | Internasional
Karhutla Mengancam Wilayah Ibu Kota Australia

PETER PARKS / AFP
Kebakaran hutan dan lahan di wilayah selatan Canberra semakin meluas.

 

OTORITAS di wilayah ibu kota Australia telah menetapkan kondisi darurat karena makin meluasnya kebakaran hutan dan lahan di wilayah selatan Canberra.

Kebakaran itu disebut merupakan yang terburuk dalam hampir 20 tahun terakhir. Tidak kurang dari 18.500 hektare lahan hangus dilalap api.

Warga di luar pusat Kota Canberra kini diminta untuk bersiaga dan bersiap diungsikan.

“Wilayah Canberra kini menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan yang paling ganas sejak musibah terakhir di tahun 2003. Pemerintah ibu kota telah bersiaga menghadapi kemungkinan terburuk,” ungkap Menteri Koordinator Wilayah Canberra, Andrew Barr, kemarin.

Wilayah ibu kota Australia, Canberra, terletak di antara Sydney dan Melbourne dengan penduduk sekitar 400 ribu jiwa.

Musibah kebakaran hutan dan lahan di Canberra pada 2003 telah menewaskan empat orang, melukai lebih dari 500 orang, dan merusak sekitar 470 rumah. Kondisi cuaca panas yang serupa kini tengah melanda kota tersebut.

“Kebakaran bisa terus mengganas karena suhu sekarang mendekati 40 derajat Celcius dan angin makin kencang,” ungkap Barr.

Dikatakannya, kondisi terburuk menimpa Distrik Tuggeranong, sekitar 20 menit perjalanan mobil dari pusat parlemen Canberra. Kondisi darurat akan terus diberlakukan selama risiko karhutla mengancam Canberra. “Dengan kondisi ini, akan ada pengerahan tenaga dan dana lebih banyak untuk dinas pemadam,” tambahnya.

Ancam bandara

Canberra telah terancam oleh kebakaran lahan dalam beberapa pekan terakhir. Bandara sempat ditutup, pekan lalu, akibat api telah mendekati kawasan tersebut.

Tiga petugas pemadam asal Amerika Serikat juga tewas, pekan lalu, akibat pesawat mereka jatuh di dekat Canberra. Awal pekan ini, foto kebakaran yang membuat langit Canberra merah membara telah viral di media sosial. Total karhutla di Australia telah menewaskan 33 orang sejak September. (BBC/Rif/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More