Jumat 31 Januari 2020, 20:46 WIB

Digitalisasi di Lanxess Diawali Lewat Sistem Analitik Mandiri

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Digitalisasi di Lanxess Diawali Lewat Sistem Analitik Mandiri

Dok. Lanxess AG
fasilitas produksi lanxess di leverkusen, jerman

 

PERUSAHAAN bahan kimia khusus, Lanxess tengah mendorong digitalisasi produksinya. Perusahaan yang berbasis di Jerman itu telah menerapkan sistem analitik layanan mandiri untuk data deret waktu di banyak bidang armada pabrik globalnya.

Hampir dua pertiga dari sekitar 120 pabriknya dilengkapi dengan platform analisis layanan mandiri TrendMiner dari Software AG, termasuk semua lokasi produksi utama di Jerman, Belgia, Amerika Serikat, dan India.

Hanya pabrik-pabrik yang lebih kecil dengan proses yang tidak begitu kompleks yang belum tercakup dalam implementasi digitalisasi itu..

Chief Digital Officer lanxess Jorg Hellwig menjelaskan, dengan TrendMiner, karyawan produksi dapat secara mandiri menganalisis proses produksi dan data pengukuran, serta mendeteksi pola dan tren dalam data-data tersebut, serta mampu mendeteksi penyimpangan produksi

Hellwig menegaskan adanya keuntungan ekonomi dari implementasi digitalisasi bagi Lanxess.

Baca juga : Ekonomi Global Melemah, Lanxess Tetap Stabil di Kuartal Ketiga

“Penggunaan tool analitik data dalam produksi adalah kasus bisnis yang nyata. Penerapan tes dengan TrendMiner telah membuktikan hal ini. Dengan peluncuran yang sukses, Lanxess kini memanfaatkan potensi optimisasi di seluruh Grup," katanya dalam keterangan tertulis.

Dalam proyek-proyek awal, Lanxess telah secara signifikan meningkatkan pemanfaatan kapasitasnya di pabrik-pabrik tertentu, mengoptimalkan efisiensi sumber daya dan mengurangi biaya perawatan dengan bantuan TrendMiner.

Dalam beberapa kasus, sejumlah uang dalam mata uang Euro yang mencapai enam digit berhasil dihemat.

Transformasi digital di Lanxess juga dimaksudkan untuk lebih mengembangkan karyawan.

“Kompetensi di bidang analitik data digital akan sangat penting bagi para ahli kimia dan insinyur kimia di tahun-tahun mendatang. Dengan pelatihan tentang TrendMiner, kami telah memperlengkapi karyawan kami untuk masa depan," ujar Hellwig.

Baca juga : Lanxess Ulas Mobilitas,Urbanisasi dan Digitalisasi Baru di K 2019

CEO Software AG Sanjay Brahmawar mengaku senang dengan hasil peluncuran TrendMiner yang sukses yang menghadirkan kemampuan end-to-end bagi Lanxess untuk mendorong otomatisasi digital.

"Keterbukaan dan kepercayaan mereka adalah dasar yang sempurna bagi kerja sama intensif kami. Lanxess terus melakukan inovasi baru dalam industri kimia dengan produk dan inovasinya dan kami bangga menjadi bagian dari kisah transformasi digital mereka," ujarnya.

Lanxess meluncurkan inisiatif digitalisasi pada 2017. Demi tujuan ini, perusahaan telah membentuk unit bisnis khusus. Bidang utama aktivitas inisiatif ini adalah pengembangan model bisnis digital, pengenalan teknologi baru di sepanjang rantai nilai, pengembangan dan penggunaan big data, dan penanaman keterampilan digital di antara para karyawan. (RO/OL-7)

Baca Juga

Setkab

Investasi Mengalir, Hipmi Apresiasi Kinerja BKPM

👤Iam/E-3 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 04:49 WIB
Realisasi investasi tersebut secara year on year (yoy) tumbuh 1,6% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada triwulan III 2019 dengan...
DOK. YBM BRI

YBM BRI Beri Modal Usaha ke UKM Kepulauan Seribu

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 04:20 WIB
untuk mengembangkan potensi dan kemandirian usaha mustahik melalui kegiatan...
Dok. Pribadi

FIKSI 2020 Lahirkan Calon Wirausahawan Muda Indonesia

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 00:25 WIB
Meski di tengah situasi pandemi Covid-19, para peserta FIKSI 2020 telah menghasilkan rencana bisnis dan rintisan usaha-usaha...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya