Jumat 31 Januari 2020, 20:17 WIB

BMKG : Awal Februari Curah Hujan Tinggi di Sejumlah Wilayah

Ihfa Firdausya | Nusantara
BMKG : Awal Februari Curah Hujan Tinggi di Sejumlah Wilayah

Ilustrasi
Hujan dan angin kencang

 

MENURUT BMKG, Potensi hujan dengan intensitas tinggi pada periode 31 Januari - 5 Februari terdapat di wilayah Sumatera bagian Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

"Seminggu ke depan di minggu pertama Februari ini kami menduga bahwa akan ada penguatan curah hujan di wilayah Indonesia terutama di bagian Barat dan Selatan. Jadi misalnya Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Ini yang perlu kita waspadai sepanjang minggu pertama Februari," tutur Sub Bidang Peringatan Dini dan Iklim Kedeputian Klimatologi BMKG Supari dalam jumpa pers di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (31/1).

Oleh karena itu, BMKG memberikan rekomendasi wilayah-wilayah yang perlu diwaspadai berpotensi banjir.

"Menghadapi periode hujan yang tinggi di bulan Februari - Maret 2020, perlu diwaspadai potensi banjir di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua," kata Supari.

Selain banjir, kekeringan serta kebakaran lahan dan hutan (karhutla) juga menjadi peringatan BMKG. Hal ini mengingat di sebagian wilayah Indonesia pada Februari ini memiliki curah hujan rendah.

"Yang perlu perhatian di Sumatera bagian Utara di pesisir timur, mulai dari Aceh Timur, Sumatera Utara bagian timur, Riau, itu menunjukkan bahwa di sepanjang bulan Februari daerah-daerah ini akan mengalami curah hujan rendah. Ini perlu kewaspadaan kita semua untuk kemungkinan terjadinya kejadian Karhutla," jelas Supari.

"Jadi sepanjang bulan Februari kita perlu mewaspadai dua hal. Tadi di wilayah Sumatera bagian utara di pesisir Timur adalah kondisi curah hujan yang rendah, sementara di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, sebagian Sumatera Selatan itu berpotensi curah hujan tinggi," imbuhnya.

Meskipun kondisi iklim tahun 2020 diprakirakan mendekati pola normalnya, lanjutnya, BMKG tetap mengharapkan kementerian/lembaga terkait dan masyarakat luas tetap waspada terhadap potensi dan risiko bencana terkait iklim dan cuaca (hidrometeorologi) di masa mendatang. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More