Jumat 31 Januari 2020, 17:02 WIB

Harpic Edukasi Masyarakat Soal Sanitasi

Bagus Pradana | Weekend
Harpic Edukasi Masyarakat Soal Sanitasi

MI/Bagus
Inisiasi kampanye 'Aksi Toilet Bersih'

Dengan mengusung tema 'Aksi Toilet Besih', Harpic, pembersih toilet berkomitmen untuk mengentaskan permasalahan air bersih dan sanitasi di Indonesia.

Untuk menyukseskan misi tersebut, Reckitt Benckiser Hygine Home Indonesia yang merupakan produsen dari Harpic Pembersih Toilet berinisiatif menggandeng beberapa institusi yang memiliki konsen dengan isu sanitasi, di antaranya adalah water.org dan Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa (KOMIDA). Melalui aksi ini, mereka bersama-sama mengedukasi masyarakat tentang gaya hidup sehat dan pentingnya menjaga kebersihan sanitasi dan lingkungan.

Inisiasi kampanye 'Aksi Toilet Bersih' dari Harpic ini berangkat dari ide fund-rising sederhana melalui pembelian produk Harpic. Kampanye ini telah dimulai sejak 27 November hingga 30 Desember 2019 kemarin. Dari kampanye tersebut, Harpic berhasil menghimpun 3.545 produk pembersih toilet yang rencananya didistribusikan kepada rumah tangga dengan permasalah sanitasi di berbagai daerah dibantu oleh KSP Mitra Dhuafa.

"Kampanye ini tidak sekadar membeli dan mendonasikan produk, namun juga sebagai kegiatan peningkatan kesadaran akan pentingnya akses sanitasi layak bagi kesehatan masyarakat. Dengan turut serta dalam kampanye ini, masyarakat tak hanya mendapatkan toilet rumah yang 10 kali lebih bersih namun secara bersamaan berkontribusi memberikan akses terhadap toilet dan sanitasi bersih bagi saudara kita yang membutuhkan," terang Luiz Ramirez selaku Marketing Director Reckitt Benckiser Hygine Home Indonesia dalam acara penyerahan donasi dan kampanye 'Aksi Toilet Bersih' di Jakarta Selatan pada Jumat (30/1).

Merujuk pada data Sanitasi Total Masyarakat (STBM) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, terdapat 8,6 juta rumah tangga di Indonesia yang masih memiliki masalah sanitasi dan aktif mempraktekan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) per januari 2020. Hal tersebut yang mendorong Harpic untuk berkontribusi dalam pengentasan masalah sanitasi di Indonesia selama dua tahun terakhir ini.

"Bersama dengan mitra kerja lainnya di Indonesia, Harpic ingin meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya prilaku hidup bersih sehingga tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan," ujar  Karim Kamel, General Manager Reckitt Benckiser Hygine Home Indonesia.(M-4)

Baca Juga

123RF

Saat Pandemi, Saat Sineas Mengulik Ide Lama

👤Fathurrozak 🕔Rabu 01 April 2020, 12:43 WIB
Ketika pandemi berlalu kelak, semoga banyak gagasan cemerlang untuk...
Unsplash/NOAA

Hewan Laut ini Lindungi Manusia dari Jutaan Virus

👤Abdillah Marzuqi 🕔Rabu 01 April 2020, 02:10 WIB
Dalam suatu percobaan, spons mengurangi virus hingga 94% dalam waktu tiga...
ANT/Umarul Faruq

Ibarat Mendaki Gunung, Taklukkan Covid-19 Butuh Persiapan

👤Irana Shalindra 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:05 WIB
Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia keluarkan maklumat 7 Summits Commitment For...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya