Jumat 31 Januari 2020, 09:10 WIB

Perubahan Buka Banyak Peluang

Aiw/X-8 | Politik dan Hukum
Perubahan Buka Banyak Peluang

MI/SUSANTO
CEO Media Group News Mohammad Mirdal Akib

 

CEO Media Group News Mohammad Mirdal Akib memandang era revolusi industri 4.0 sebagai tantangan yang menarik. Perubahan yang terjadi secara masif, menurutnya, justru membuka banyak kesempatan baru.

"Selalu kita mengisi kepala kita dengan mindset bahwa begitu banyak profesi hilang, tapi kita lupa menempatkan bahwa jauh lebih banyak lagi profesi baru yang hadir," kata Mirdal kepada Media Indonesia di Jakarta, kemarin.

Dengan kecanggihan teknologi yang ada, imbuhnya, masyarakat justru bisa lebih banyak berinovasi dan menciptakan karya baru. Syaratnya, mereka mau belajar dan mengembangkan diri.

"Ini kesempatan yang besar sekali. Semangat untuk belajar dan kreatif, poinnya kembali ke SDM. Sekreatif mungkin kita, maka akan semakin banyak output yang bisa kita hasilkan."

Perubahan adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari siapa pun. Namun, tandas Mirdal, hal utama yang tidak pernah lekang oleh waktu ialah nilai-nilai yang dimiliki SDM itu sendiri. Kekuatan dari sisi SDM inilah yang juga dimiliki Media Group News sehingga mampu bertahan dan terus berkembang di era digital.

Mirdal mengungkapkan, dari sekitar 6.000 karyawan Media Group News, rata-rata berusia 36 tahun. Hal itu menunjukkan bahwa dari sisi usia, SDM Media Group News ialah generasi yang paling siap mengalami perubahan.

Kekuatan lain Media Group News ialah daya tahan. Perusahaan terbukti mampu bertahan hingga puluhan tahun menghadapi berbagai tantangan dan perubahan. "Dari sisi daya tahan atau endurance, Media Group bukan media yang baru lahir satu-dua hari kemarin. Kita melewati begitu banyak ujian, tantangan. Contohnya kemarin Media Indonesia baru berusia 50 tahun," tutur Mirdal.

Mirdal menegaskan Media Group akan tetap konsisten pada tujuan utama yakni memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat. Dia menjamin Media Group akan tetap menyajikan konten yang mengedukasi dan tepercaya, bukan sekadar berita viral.

Media Group pun akan tetap memegang teguh prinsip dan etika jurnalistik sehingga tercipta suatu berita yang memiliki integritas serta value yang benar. "Masyarakat butuh literasi, butuh pendidikan. Kita bayangkan kita masuk ke warung kopi, kita tidak bisa lagi membedakan apakah itu sarjana, SMA, atau S-3. Mereka bisa berbaur berdiskusi dengan level yang sama. Tujuannya cuma itu, bagaimana kita bisa berkontribusi sebesar-besarnya buat masyarakat," ujarnya.

Menurut Mirdal, saat ini tren menunjukkan banyak masyarakat yang kembali mengonsumsi media konvensional untuk memastikan atau mengonfirmasi berita yang didapatkan dari media sosial. Ke depan, selain tetap menjaga integritas, menjunjung tinggi etika jurnalistik, serta terus mengembangkan SDM, Media Group News akan dibentuk menjadi ekosistem besar yang saling terkoneksi dan mengisi satu sama lain sehingga mampu menciptakan suatu kekuatan.

"Sepuluh sampai 20 tahun ke depan dengan resource yang kita miliki sekarang, saya yakin kita punya semua persyaratan, semua potensi untuk leading di depan. Kita punya semua persyaratan dan potensi untuk memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi Republik ini," tandas Mirdal. (Aiw/X-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More