Jumat 31 Januari 2020, 08:35 WIB

Selamat dengan Cerdas Berkendara

Gas/X-11 | Humaniora
Selamat dengan Cerdas Berkendara

MI/RAMDANI
Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Chryshnanda Dwilaksana di Kedoya, kemarin.

 

KECELAKAAN lalu lintas kini menjadi salah satu aspek yang cukup mematikan di dunia. Korbannya sebagian besar generasi muda yang akhirnya berpengaruh pada produktivitas individu hingga bangsa.

Hal itu disampaikan Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana dalam diskusi bertema Keselamatan berkendara di jalan raya yang menjadi salah satu bagian acara Festival Kopi Media Indonesia dalam rangka HUT ke-50 Media Indonesia, kemarin.

Ia mengatakan, saat ini ada lebih dari 1,25 juta kasus kecelakaan per tahun di dunia. Sementara itu di Indonesia, setiap hari 60-80 orang meninggal karena kecelakaan lalu lintas.

"Ini bukan soal angka saja. Nyawa tiap orang sangat berharga. Karena itu, seorang pengendara harus memiliki kepekaan, empati, dan tanggung jawab," tegasnya.

Chryshnanda mengatakan kecelakaan lalu lintas di Indonesia kini didominasi pengendara sepeda motor dan kebanyakan didasari sikap abai pada unsur keselamatan.

Chryshnanda juga menambahkan, kepolisian tengah mengembangkan analisis kecelakaan lalu lintas yang dikelola melalui Pusat Penelitian Kecelakaan Lalu Lintas untuk mengatasi masalah kecelakaan yang lalu lintas. Nantinya, penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan keluaran yang disebut penelitian dan pengembangan keselamatan jalan.

"Polisi sebelumnya memang tidak membahas tentang ini. Itu pun biasanya hanya pro justitia untuk peradilan. Tapi kita sekarang di peradilan pun akan membahas kecelakaan yang sebelumnya sedang diselidiki secara ilmiah. Jadi, ada analisis kecelakaan lalu lintas untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebab mengapa terjadi kecelakaan" , "imbuhnya.

Sementara itu, konsultan keselamatan berkendara dari Jakarta, Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menyebut faktor yang tidak kalah pentingnya memengaruhi perubahan yang lalu lintas terkait sumber daya manusia.

Jusri menjelaskan penyebab kecelakaan lalu lintas terjadi karena faktor internal dan eksternal.

Masalah internal yang berkaitan dengan pola pikir. Masalah eksternal pada proses berkenaan dengan proses rekrutmen perusahaan dalam memilih pengendara atau masalah mendasar, misalnya rumah tangga. (Gas / X-11)

Baca Juga

MI/Ramdani

Duduk Lama Karena Work From Home, Waspadai Muncul Wasir

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:29 WIB
Angka tersebut menunjukkan bahwa selama masa pandemi dan semua orang melakukan WFH masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya hanya...
AFP

Ini Penjelasan Asteroid 2018 VP1 yang Melintas Dekat Bumi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:36 WIB
Pada 2 November 2020 mendatang, Asteroid 2018 VP1 akan melintas di dekat bumi pada pukul 18.33 WIB dengan jarak 0,0028 satuan...
Antara

Perkuat Ikatan Kebangsaan Guna Majukan Negeri

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:51 WIB
"Gus Dur (Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid) waktu berpesan cintailah tanah, air dan udara di atas segala-galanya," kata Budayawan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya