Jumat 31 Januari 2020, 07:45 WIB

Antisipasi Banjir, MRT Jakarta Siapkan Flood Gate

Antara | Megapolitan
Antisipasi Banjir, MRT Jakarta Siapkan Flood Gate

ANTARA/DEVI NINDY
Pemasangan flood gate atau tanggul penahan banjir di Stasiun MRT Jakarta.

 

OPERATOR moda transportasi cepat MRT Jakarta memperkenalkan flood gate atau tanggul banjir sebagai benteng pertahanan terakhir saat menghadapi banjir di pintu masuk Stasiun MRT.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Muhammad Effendi menyebut pemasangan flood gate tersebut memakan waktu tidak kurang dari lima menit.

"Alat ini ada di belakang masing-masing pintu masuk stasiun, membutuhkan tiga orang dengan waktu memasang dalam simulasi kita sekitar 4.24 menit," ujar Effendi di Jakarta, Kamis (30/1).

Secara teknis, Effendi mengatakan Stasiun MRT Jakarta bawah tanah akan aman dari banjir. Ada empat benteng pertahanan banjir sebelum air sempat masuk ke dalam.

Baca juga: Transportasi Berbasis Rel di Depok Butuh Rp12 Triliun

Pertama, pintu masuk Stasiun MRT Jakarta sudah didesain untuk menghadapi tinggi banjir dalam siklus 200 tahunan.

Kedua, saluran drainase yang selalu bekerja optimal dengan bantuan petugas dari Dinas Bina Marga maupun Dinas Sumber Daya Air.

Kemudian pengerahan pompa air untuk menyedot genangan yang ada di sekitar Stasiun MRT. Tidak lupa sumur resapan yang dibangun di fasilitas tersebut.

"Kalau ketiga itu banjir tetap naik dan mulai menggenang di satu anak tangga, kita pasang flood barrier. Tanggul kita pasang satu-satu," ujar Effendi.

Flood gate tersebut terpasang di depan pintu masuk dan evakuasi penumpang akan berlangsung di Stasiun MRT dengan jalur layang. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More