Kamis 30 Januari 2020, 20:46 WIB

Penyebab Banjir Bondowoso Diobservasi Perhutani

Retno Hemawati | Nusantara
Penyebab Banjir Bondowoso Diobservasi Perhutani

ANTARA FOTO/Seno
Warga bergotong royong membersihkan sampah pascabanjir bandang di Desa Kalisat, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur.

 

PERHUTANI Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jas Merah selaku pendamping rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) melakukan observasi lingkungan penyebab terjadinya banjir yang menerjang Desa Sempol dan Kalimat, Bondowoso, Jawa Timur pada Rabu (29/1).
  
Administratur Perhutani KPH Bondowoso Agus Sarwedi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/1) menyampaikan, luapan air hujan ditengarai berasal dari kawasan hutan lindung petak 101-2 wilayah Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Belawan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sukosari. "Banjir yang terjadi pada Rabu sore tersebut memang diduga berasal dari kawasan hutan lindung Gunung Suket di petak 101-2," katanya.
  
Menurutnya, hutan lindung yang luas bakunya 75 hektare tersebut pada tahun 2019 mengalami kebakaran seluas 60 hektare, sehingga kondisi tegakan di hutan lindung tersebut tidak rapat bahkan didominasi oleh alang-alang.
  
Agus menambahkan, bahwa faktor lain terjadinya banjir tersebut tidak lepas dari intensitas curah hujan yang tinggi yang mengguyur kawasan Gunung Suket sebagai penyebab banjir bandang. "Dengan kondisi tegakan berupa tanaman rimba campur dan alang alang, volume air yang besar berasal dari pertemuan dua curah yaitu curah Wedi sehingga terjadi daya dorong air semakin besar," ujarnya.
  
Ia menjelaskan, volume air hujan yang turun sangat besar tidak mampu ditampung oleh saluran irigasi yang memang lebarnya tidak memadai sehingga air meluap ke rumah penduduk. "Kami menurunkan petugas untuk ikut membantu proses pembersihan material yang berada di depan rumah warga dan memberikan kebutuhan air mineral dan makanan," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Pilkada Ditunda, KPU Serahkan Masa Jabatan Bupati ke Mendagri

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 01 April 2020, 11:54 WIB
KPU Bangka Belitung menyerahkan sepenuhnya kepada mendagri mengenai masa jabatan empat bupati yang melaksanakan Pilkada tahun...
DOK BKSDA Riau

Harimau Terperangkat di Konsesi HTI Diberi Nama Corina

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 01 April 2020, 11:37 WIB
Satwa langka dilindungi itu yang diperkirakan masih remaja berumur 3-5 tahun, berjenis kelamin betina dengan panjang 170 centimeter itu...
MI/Tosiani

Harga Gula Tak Terbendung, Pemkab Malang Siapkan Operasi Pasar

👤Bagus Suryo 🕔Rabu 01 April 2020, 11:24 WIB
Dalam operasi pasar, Pemkab Malang menggandeng Koperasi Unit Desa di masing-masing kecamatan sehingga nantinya gula pasir diantarkan ke...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya