Kamis 30 Januari 2020, 19:42 WIB

Telkom Luncurkan Chatbot untuk Pebisnis Lewat Vutura

Ghani Nurcahyadi | Teknologi
Telkom Luncurkan Chatbot untuk Pebisnis Lewat Vutura

Dok. Telkom
Peluncuran chatbot Vutura

INOVASI teknologi terus dilakukan Telkom Indonesia dalam menapaki revolusi industri 4.0. Kali ini inovasi dilakukan lewat penyematan teknologi kecerdasan buatan (AI) berupa chatbot di platform Vutura. Chatbot itu ditujukan bagi pebisnis agar mudan berkomunikasi dengan konsumen.

Dengan memanfaatkan teknologi Natural Language Processing (NLP), asisten virtual Vutura tidak hanya mampu meningkatkan interaksi antara manusia dengan mesin, namun juga memberikan solusi bagi pelaku bisnis untuk berkomunikasi secara mudah dan fleksibel dengan konsumennya.

Aplikasi chatbot Vutura yang dikembangkan menggunakan teknologi kecerdasan buatan itu memungkinkan para pelaku bisnis di Indonesia untuk dapat meningkatkan aktifitas customer support dengan memanfaatkan kolaborasi antara teknologi chatbot dan manusia,

Hal itu membuat pelaku bisnis dapat melakukan interaksi yang lebih cepat dan baik, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan revenue.

CEO Vutura Riztama Prawita mengatakan, chatbot yang dikembangkan pihaknya dapat dimanfaatkan ke dalam banyak aspek bisnis terutama customer engagement sesuai bisnis yang dijalankan.

Vutura dikembangkan sedemikian rupa untuk dapat dimanfaatkan oleh pebisnis secara mudah, fleksibel dan insightful.

Baca juga : Ponsel Berkeringat Turunkan Panas

"Vutura tidak hanya mudah digunakan karena pengguna dapat membuat chatbot sesuai untuk kepentingan bisnis yang ada, namun juga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja serta menghemat biaya pengeluaran perusahaan (Capable, accessible & affordable). Selain itu Vutura juga fleksibel karena chatbot dapat terhubung dengan aplikasi pengirim pesan," katanya dalam keterangan tertulis.

Riztama menjelaskan, untuk meningkatkan customer engagement experience, Vutura dapat diintegrasikan dengan aplikasi instant messaging yang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia seperti WhatsApp, Facebook Messenger, LINE dan Telegram. Vutura bahkan juga dapat dihubungkan dengan website atau mobile apps milik klien.

 Sejumlah institusi besar di Indonesia telah memanfaatkan Vutura, diantaranya adalah Global Komunika, Halofina, Kimia Farma hingga Telkom Indonesia serta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Digital Fundraising Manager BAZNAS Hafiza Elfira Nofitariani mengatakan, chatbot garapan Vutura yang dinamai Zavira telah memberikan begitu banyak manfaat.

"Cukup dengan menambahkan @BAZNASIndonesia sebagai teman di menu official account LINE, pengguna dapat bertanya berbagai pengetahuan seputar zakat, infaq dan sedekah," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Tatalogam

Inovasi Produk Baja untuk Tangkal Penyebaran Wabah Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 31 Maret 2020, 23:55 WIB
Sejak 1 bulan terakhir, PT Tatalogam Lestari memproduksi baja ringan antivirus yang mampu meredam perkembangbiakan virus yang menempel pada...
Dok. Epson Indonesia

Dukung Industri Fotografi Lewat Printer Perbesaran 12 Warna

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 31 Maret 2020, 18:00 WIB
Printer terbaru itu dirancang untuk mengubah visi artistik menjadi pengalaman yang benar-benar tak...
Istimewa

UGM Berkoloborasi Kembangkan Sistem Covid-19 Tracing

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 31 Maret 2020, 14:55 WIB
Sistem ini mampu memberikan analisis penyebaran Covid-19 berdasarkan data sejarah pergerakan telepon pelanggan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya