Kamis 30 Januari 2020, 18:18 WIB

Evakuasi WNI di Wuhan, Indonesia Bisa Contoh AS dan Jepang

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Evakuasi WNI di Wuhan, Indonesia Bisa Contoh AS dan Jepang

AFP/Charly Triballeau
Proses evakuasi warga negara Jepang di Wuhan, Tiongkok

 

PEMERINTAH Indonesia telah menyiapkan skenario evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, terdapat 234 WNI di Provinsi Hubei. Sedangkan di Wuhan sendiri terdapat 100 WNI.

Dekan Fakultas Kedokteran UI sekaligus Spesialis Penyakit Dalam RSUPN Cipto Mangunkusumo, Ari Fahrial Syam menuturkan, jika nantinya para WNI berhasil dipulangkan ke Indonesia, pemerintah perlu melakukan screening ketat, seperti mekanisme yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Jepang.

Baca juga : Logistik WNI di Tiongkok Dipastikan Aman

"Prinsipnya kita ikuti seperti yang dikerjakan AS dan Jepang. Kalau memang ada yang menderita batuk, pilek, demam, berarti dia suspect. Kalau perlu dilakukan pemeriksaan virus," terang Ari dalam Seminar Wabah Coronavirus Status Terakhir di Indonesia di FKUI, Jakarta, Kamis (30/1).

Bagi yang berhasil melewati thermal scanner, diberikan health alert card dan menunggu selama 14 hari sejak meninggalkan daerah terinveksi.

"Kalau selama 14 hari tidak batuk, flu, demam, berarti aman. Tapi kalau mulai merasakan gejala, bisa dilaporkan dengan membawa health alert card," tandasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More