Kamis 30 Januari 2020, 14:30 WIB

TNI Tunggu Perintah Evakuasi dari Menlu

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
TNI Tunggu Perintah Evakuasi dari Menlu

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

 

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan kesiapan mengevakuasi WNI yang berada di Wuhan, Tiongkok, berikut penanganan pascaberada di Tanah Air. Namun hal itu perlu persetujuan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk pelaksanaannya.

"Tinggal kita koordinasi dengan Menlu kapan kita diberangkatkan. Seandainya pun mencarter pesawat sipil itu juga, itu sudah menjadi pertimbangan dari ibu Menlu," kata Hadi di sela Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I, di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (30/1).

Hadi mengatakan pemeriksaan dan isolasi WNI dari Wuhan akan ditempatkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Kemudian menyangkut pesawat berikut baju astronot telah dipersiapkan.

"Termasuk juga ruang isolasi itu saya juga minta, ternasuk untuk memonitor panas tubuh manusia. Itu sudah saya siapkan semua," tegasnya.

Baca juga: Kemenlu RI Terus Berupaya Evakuasi WNI dari Wuhan

Ia mengatakan, TNI telah mempersiapkan jumlah personel berikut perlengkapan medis serta tempat isolasi untuk WNI dari Wuhan. Persiapan itu telah terpenuhi supaya kapan pun perintah eksekusi WNI di Wuhan, TNI siap melakukannya.

"Ya nanti kami tunggu perintah dari Menlu. Ya kan ini leading sector nya kan Menlu, kami yang penting siap kapan bu Menlu minta bantuan, kita siap," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More