Kamis 30 Januari 2020, 14:20 WIB

I-Concert, Serasa Nonton Konser di Rumah

Fathurrozak | Weekend
I-Concert, Serasa Nonton Konser di Rumah

Antara/Budi Chandra
penyanyi dan pencipta lagu Yura Yunita

DATANG ke festival musik atau ke konser musisi favorit tentu menyenangkan. Namun, jadwal helatan acara terkadang bentrok dengan pekerjaan yang tidak bisa ditinggal. Atau, venue yang terlalu jauh dari tempat kita tinggal. Akibatnya, kita bisa saja kehilangan momen tersebut.

Tampaknya, ini yang dilihat oleh PT Telkom Indonesia melalui lini Indihome. Pada Rabu, (29/1) Indihome meresmikan channel bernama i-Konser. Kanal ini akan menghadirkan siaran langsung konser beberapa musisi. Intimate Concert Yura Yunita di M Bloc Space, pada Rabu (29/1) lalu jadi yang perdana mengawali tayangan konser tiap bulannya di channel tersebut.

"Akhir Desember tahun lalu, kami sudah punya tujuh juta pelanggan. Ini membuat inovasi baru dengan kita membuka channel i-konser, yang bisa diakses pada saluran 459 SD dan 949 HD. Penikmat musik Indonesia langsung bisa menyaksikan konser di channel kita, pada jam yang sama saat konser. Dan tayangan ulangnya bisa disaksikan hingga tujuh hari," terang Direktur Consumer Service Telkom, Siti Choiriana saat konferensi pers di M Bloc Space, Jakarta, Rabu, (29/1).

Dalam setahun 2020 ini, ada 12 konser yang akan ditayangkan termasuk Yura sebagai pembuka. Artinya, tiap bulan akan ada satu tayangan langsung konser. Mereka yang hendak menonton lewat i-Konser, dengan cara membayar per tayangan lewat Indihome TV. Telkom pun menjamin lisensi tayangan para musisi yang konsernya disiarkan lewat i-Konser.

Telkom pun menggandeng promotor Rajawali Indonesia termasuk untuk memberikan kurasi konser siapa saja yang akan ditayangkan lewat i-Konser. Menurut CEO Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi, salah satu yang menjadi pertimbangan ialah ketika berhadapan dengan musisi luar negeri. Menurut Anas, lisensi tayangan bisa sangat besar. Sehingga, perlu kurasi yang tepat memilih musisi mana yang konsernya akan ditayangkan.

"Artis internasional punya lisensi broadcast yang sangat mahal. Persoalan aset untuk broadcast ini memang sangat 'pelit.' Soal legal tentu harus clear. Memang harus dibicarakan antara pihak label dan manajemen terkait pembagian asetnya."

Sementara itu, Yura yang pertama kali menjajal format konser ini mengungkapkan justru bisa mengoptimalkan panggungnya.

"Aku seneng banget ada kesempatan ini. Justru ini intimate concert. Intimate concert sangat dekat dengan yang nonton, bisa eye contact. Rasanya lebih puas. Ada kedalaman rasa sama yang datang. Sama yang (nonton) di rumah, aku juga bisa jadi seperti curhat di kamar dengan sahabat sendiri."

Setelah Yura, beberapa konser yang akan hadir di channel i-Konser di antaranya ialah Kunto Aji pada (20/2), JogjaRockarta (1/3), Mocosik Festival, dan Prambanan Jazz. (M-4)

Baca Juga

Unsplash/ Markus Spiske

Musisi Dunia Serukan Peningkatan Tarif Royalti di Spotify

👤Fathurrozak 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 17:10 WIB
Musisi menuntut pembayaran sesuai jumlah streaming, bukan proporsi prorata streaming...
123RF

Ternyata Ada Hubungan antara Fobia Matematika dan Kepercayaan Diri

👤Galih Agus Saputra 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 15:35 WIB
Selalu cemas, jantung berdegup, atau bahkan keringat dingin saat belajar...
Dok. Instagram @ideosource

Losmen Bu Broto Kembali ke Layar Lebar

👤Fathurrozak 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 15:15 WIB
Maudy Koesnaedi akan memerankan sosok Bu Broto versi layar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya