Kamis 30 Januari 2020, 14:45 WIB

Korban Virus Korona Bertambah, Masyarakat Diimbau Tunda Bepergian

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Korban Virus Korona Bertambah, Masyarakat Diimbau Tunda Bepergian

ANTARA/Umarul Faruq
Petugas karantina kesehatan memeriksa penumpang dengan alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) di Bandara Juanda Surabaya

 

SAAT ini, pemerintah telah mengeluarkan travel warning/larangan bepergian bagi masyarakat dari Indonesia ke Provinsi Hubei, Tiongkok.

Dekan Fakultas Kedokteran UI sekaligus Spesialis Penyakit Dalam RSCM Ari Fahrial Syam menuturkan jika jumlah korban akibat virus korona terus bertambah dan penyebaran virus terus meluas, sebaiknya pemerintah mengeluarkan travel warning/larangan bepergian bagi masyarakat tidak hanya ke lokasi terjangkitnya virus, tetapi juga ke lokasi lain di Tiongkok.

"Kalau saya bilang, dengan jumlah kasus yang terus meningkat, pemerintah sudah bisa menyampaikan travel warning untuk masyarakat. Kalau di Wuhan kan sudah jelas diisolasi," kata Ari Fahrial Syam dalam Seminar Wabah Coronavirus Status Terakhir di Indonesia di FKUI, Jakarta, Kamis (30/1).

Baca juga: Kemenkes Pastikan Stok Masker Memadai

Ari juga menyarankan masyarakat untuk tidak bepergian dalam keadaan sakit dan menghindari lokasi-lokasi yang sudah diidentifikasi terjangkit virus.

"Kalau kita dalam keadaan sakit, flu, demam tinggi sebaiknya jangan keluar. Jangan sampai ketika kita di-screening scanner bandara, kita jadi diisolasi. Kalau memang untuk jalan-jalan lebih baik ditunda dulu karena kita tidak tahu ternyata orang di sekitar kita terkena virus," tandasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More