Kamis 30 Januari 2020, 11:27 WIB

526 Calon Anggota PPK Pilkada Cianjur Ikut Tes Tertulis

Benny Bastiandy | Nusantara
526 Calon Anggota PPK Pilkada Cianjur Ikut Tes Tertulis

ANTARA
Petugas KPU menyeleksi calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) . Di Kabupaten Cianjur ada 34 caln PPK tidak lolos administrasi.

 

SEBANYAK 34 pendaftar calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pilkada Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi. Dengan begitu, mereka tidak bisa mengikuti tes tertulis dengan sistem computer assisted test (CAT) yang digelar hari ini, Kamis (30/1).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah, mengatakan berdasarkan hasil rekapitulasi, jumlah pendaftar calon anggota PPK Pilkada Kabupaten Cianjur  sebanyak 560 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 9 orang tidak menyerahkan berkas, 9 orang tidak lolos persyaratan administrasi, dan 15 orang merupakan mantan anggota PPK dua periode.

"Jadi, hari ini yang dinyatakan memenuhi syarat mengikuti tes tertulis dengan sistem CAT ini sebanyak 526 orang," kata Selly kepada Media Indonesia ditemui di sela pelaksanaan tes di SMK Pasundan I, Kamis (30/1).

Sebanyak 9 orang pendaftar yang dinyatakan tak memenuhi syarat itu telah melalui penelitian administrasi, termasuk ada mantan caleg. Pun terhadap 15 orang mantan anggota PPK yang sudah dua periode menjabat.

"Asalnya, jumlah mantan anggota PPK dua periode yang ikut mendaftar itu sebanyak 17 orang. Namun setelah melalui proses penelitian administrasi dan ada klarifikasi,  ternyata ada 2 orang yang bukan mantan PPK. Hanya saja nama dan alamatnya sama. Jadi yang mantan anggota PPK dua periode itu sebanyak 15 orang," beber Selly.

Tes tertulis bagi 526 orang pendaftar dibagi menjadi 4 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 08.00-10.00 WIB, sesi 2 pukul 10.00-12.00 WIB, sesi 3 pukul 13.00-15.00 WIB, dan sesi 4 pukul 15.00-17.00 WIB. Mereka harus mengisi lembar jawaban sebanyak 75 soal menggunakan komputer. Setiap sesi soalnya berbeda-beda.

"Melalui CAT, hasilnya akan langsung diketahui," tuturnya.

baca juga: Orangtua Desak Pemprov Jatim Segera Evakuasi Mahasiswa di Wuhan

Selesai tes tertulis, kata Selly, selanjutnya akan dilaksanakan tes wawacara. Agendanya dilaksanakan pada 8-10 Februari 2020. Dari setiap kecamatan akan terpilih 5 orang terbaik yang nanti ditetapkan menjadi anggota PPK. Jadi, totalnya dibutuhkan sebanyak 160 orang anggota PPK.

"Anggota PPK akan efektif bekerja mulai Maret 2020. Masa kerjanya selama 9 bulan," pungkasnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More