Kamis 30 Januari 2020, 11:45 WIB

TNI AU Siap Evakuasi WNI di Wuhan

M Iqbal Al Machmudi | Internasional
TNI AU Siap Evakuasi WNI di Wuhan

ANTARA/M Risyal Hidayat
Ilustrasi--Pengungsi berjalan menuruni pesawat Hercules TNI AU ketika tiba di Bandar Udara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

 

TENTARA Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) siap mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Wuhan, Tiongkok, karena penyebaran virus korona.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengaku bahwa TNI AU sendiri sudah siap apabila pemerintah memerintahkan melakukan evakuasi. Tetapi, hingga saat ini, pihak pemerintah belum ada instruksi untuk melakukan evakuasi.

"Terkait evakuasi, TNI AU siap kapan pun," kata Marsekal Yuyu sebelum Rapat Pimpinan TNI AU 2020 di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (30/1).

TNI sudah menyiapkan tiga pesawat yang nantinya digunakan untuk melakukan evakuasi. Tiga pesawat tersebut yaitu dua Boeing dan satu Hercules.

"TNI AU siapkan pesawat yaitu dua Boeing dan satu Hercules. Misalnya bertambah, kita akan siap. Dari batalyon kesehatan, kalau ada pelaksanaannya tergantung dari stakeholder lain, dari Kemenkes dan lainnya," ungkapnya.

Baca juga: Mahasiswa Indonesia di Tiongkok Antusias Rencana Evakuasi

Marsekal Yuyu mengungkapkan pemerintah belum memberikan instruksi evakuasi karena masih mempertimbangkan hal teknis. Sayang dirinya tidak menjelaskan hak teknis tersebut.

"Perkembangan terakhir hal teknis dan operasional dan masih pertimbangan," ujar Marsekal Yuyu.

Berkaca pada dua negara sebelumnya yang telah melakukan evakuasi terhadap warganya di Wuhan yang menggunakan pesawat charter. Pihak TNI AU masih menunggumu arahan dari pemerintah pusat.

"Kalau kita lihat Jepang dan Amerika gunakan pesawat carter. Yang jelas TNI-AU siapkan alutsista apabila pemerintah perintahkan TNI-AU untuk menjemput di Wuhan," tandasnya.

Jepang dan Amerika Serikat (AS) telah memulangkan warganya yang berada di Wuhan. Pemulangan dilakukan secara bertahap. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More