Rabu 29 Januari 2020, 19:00 WIB

Thailand Minta Wali Nanggroe dan Suhendra Jadi Juru Damai

Widhoroso | Internasional
Thailand Minta Wali Nanggroe dan Suhendra Jadi Juru Damai

Istimewa
Wali Nanggroe Aceh Tengku Malik Mahmud Al-Haythar dan tokoh intelijen Suhendra Hadikuntono diminta bantu penyelesaian Konflik di Thailand

 

BELUM selesainya konflik di Thailand selatan membuat otoritas Negeri Gajah Putih tersebut meminta Wali Nanggroe Aceh Tengku Malik Mahmud Al-Haythar dan tokoh intelijen Suhendra Hadikuntono menyiapkan skema perdamaian di wilayah tersebut.

Keduanya diharapkan bisa memberikan formula yang tepat untuk menyelesaikan konflik yang telah berlangsung sejak lama tersebut.

Menurut Suhendra, Jenderal Sutipan Siririkanon dari Komisi Militer Parlemen Thailand telah menghubungi dan meminta kesediaannya untuk membantu mencarikan solusi penyelesaian konflik di Thailand selatan.  soal kesediaannya berperan menjadi juru damai Thailand selatan,

Suhendra mengaku bersedia namun akan tetap berkonsultasi dan minta restu dulu kepada Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Thailand Temukan Kasus Kedua Virus Pneumonia Tiongkok

"Ini suatu kehormatan bagi saya pribadi. Tapi bagaimana pun, saya ini masih warga negara Indonesia, sehingga saya tetap akan minta restu Bapak Presiden Jokowi terlebih dahulu. Jangan sampai ada kesan kita melangkahi beliau," ujar Suhendra, Rabu (29/1).

Suhendra mensmbahkan, bersama Malik Mahmud, akan segera menyiapkan road map dan skema perdamaian di Thailand selatan. Secara garis besar, perdamaian antara Pemerintah RI dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), yang melahirkan Memorandum of Understanding (MoU) Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005 akan menjadi acuan penyusunan skema perdamaian di Thailand selatan.

"Saya dan Wali Nanggroe segera berangkat ke Thailand selatan untuk melakukan identifikasi masalah dan pembicaraan awal dengan semua pemangku kepentingan yang terkait konflik di Thailand selatan," tegas Suhendra.

Konflik di Thailand selatan terjadi sejak awal 1960-an. Mayoritas penduduk di provinsi Pattani, Yala, Narathiwat, dan Songkhla yang berada di Thailand selatan adalah kaum muslim. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANDREAS SOLARO /AFP

Paus Fransiskus Sahkan Aturan Baru Antikorupsi di Vatikan

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 05:17 WIB
Aturan itu dirilis ketika pandemi virus korona telah mendatangkan malapetaka bagi keuangan Vatikan dan memaksa negara itu untuk menerapkan...
AFP

Filipina Perlonggar Lockdown di Manila

👤MI 🕔Selasa 02 Juni 2020, 04:55 WIB
PIHAK berwenang Filipina melonggarkan pembatasan wilayah atau lockdown di ibu kota negara itu, Manila,...
AFP/GETTY IMAGES/DAVID RYDER

Polisi pun Berlutut Redam Kemarahan

👤Washington Post/Hym/X-6 🕔Selasa 02 Juni 2020, 04:44 WIB
Sorak-sorai dan kegembiraan juga meledak di ibu kota Iowa ketika para petugas Des Moines berlutut di belakang barikade...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya