Rabu 29 Januari 2020, 19:27 WIB

PSM Makassar Segel Tiket ke Fase Grup Piala AFC

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
PSM Makassar Segel Tiket ke Fase Grup Piala AFC

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pemain PSM Makassar Giancarlo Rodrigues (kiri) berebut bola di udara dengan dua orang pemain Lalenok United.

 

PSM Makassar memastikan satu tempat di fase grup Piala AFC setelah mengalahkan wakil Timor Leste, Lolenok FC pada leg kedua playoff dengan skor 3-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (19/1). Hebatnya lagi, kemenangan itu didapat Juku Eja meski hanya bermain dengan sembilan orang.

Berkat kemenangan itu, PSM unggul agregat 7-2. Sebab pada leg pertama, PSM Makassar menang dengan skor telak 4-1.

Baca juga: Bekuk Persija, PSM Tuntaskan Penantian 19 Tahun

Tiga gol kemenangan tim Juku Eja dilesakkan oleh Giancarlo Rodrigues menit ke-5, Ferdinand Sinaga menit ke-29, dan Irsyad Maulana menit ke-84. Satu gol balasan Lolenok dicetak oleh Paulo Freitas menit ke-60.

PSM Makassar mendapat dua kartu merah pada laga ini, yakni Wiljan Pluim pada menit 34 dan M Arfan menit ke-58. Namun, keunggulan jumlah pemain tak mampu dimanfaatkan Lalenok untuk mencetak gol guna membalikkan keadaan.

Pelatih Lelanok, Jantje Efraim mengakui keunggulan PSM Makassar pada laga kali ini. Sebagai tim yang baru terbentuk pada 2016, hasil ini menurutnya menjadi pengalaman berharga bagi anak asuhnya.

"Kita punya pemain dengan jam terbang internasional yang minim. Kami sudah lakukan yang terbaik, tapi pemain-pemain saya banyak belajar saat menghadapi tim besar ini apa yang harus dilakukan. Tim ini juga baru berdiri 3 tahun lalu," kata Jantje.

Kemenangan itu membawa PSM Makassar lolos ke fase grup Piala AFC 2020 dan tergabung di grup H bersama wakil Singapura Tampines Rovers, klub Filipina Kaya Ilo-Ilo, dan klub Myanmar Shan United. Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak mengaku mewaspadai wakil dari Asia Tenggara tersebut.

"Kami berada di grup yang sulit. Ditambah Tranmere Rovers yang sebelumnya telah bermain di fase awal Liga Champions Asia. Pertandingan tandang nantinya juga sulit untuk merebut poin," kata Bojan. (Faj/A-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More