Rabu 29 Januari 2020, 17:59 WIB

Kota Wuhan Sangat Sepi, WNI Menunggu Evakuasi

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Kota Wuhan Sangat Sepi, WNI Menunggu Evakuasi

Antara
Kota Wuhan

 

SEORANG mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Kota Wuhan, Tiongkok, Eros, mengatakan keadaan kota itu sangat sepi. Pemerintah lokal melarang segala aktivitas warga dan meminta masyarakat berdiam di rumah saja.

Menurutnya, dengan kondisi dan pembatasan aktivitas masyarakat tersebut sangat menyulitkan warga, termasuk WNI yang hampir semuanya pelajar.

Bisa dibilang sangat menyulitkan. Namun pihak universitas memfasilitasi semua kebutuhan mahasiswa seperti makanan, masker, pengecekan suhu tubuh, dan lain-lain," kata Eros saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (29/1).

Saat ini, lanjut mahasiswa Wuhan University ini, WNI yang berada di daerah pusat wabah sedang menunggu upaya pemerintah untuk dapat segera dievakuasi ke Indonesia.

Eros mengatakan ia beruntung karena bisa kembali ke Tanah Air lebih awal sebelum pemerintah Tiongkok mengumumkan kasus pertama virus corona dan mengisolasi kota.

Terlepas dari kondisi tadi, Eros merasa terlalu banyak pemberitaan yang tidak benar terkait virus yang beredar di media sosial. Menurutnya hampir semua berita malah membuat panik masyarakat, bukannya mengendalikan situasi.

Ia mengatakan jumlah WNI saat ini di Kota Wuhan sebanyak 90an orang atau sekitar 100an orang se-Provinsi Hubei.

"Semua sehat-sehat saja karena diawasi secara ketat pihak kampus dan diawasi setiap jamnya oleh pihak KBRI di Tiongkok," pungkasnya. (OL-2)

Baca Juga

BIRO PERS SETPRES LAILY RACHEV

Suga ke RI, HRWG Desak Renegosiasi Skema Kerja Magang ke Jepang

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 06:12 WIB
Alih-alih meningkatkan keterampilan dan pengetahuan serta memperbaiki nasib, sebelum mereka berangkat, banyak dari para pekerja magang ini...
AFP/Olivier Douliery

Pertumbuhan Pelanggan Lambat, Saham Netflix Anjlok

👤Tesa Oktiana Surbakti 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 04:15 WIB
Pada awal pandemi covid-19, pelanggan Netflix bertambah 28,1 juta. Namun pada kuartal III 2020, hanya 2,2 juta dari jumlah tersebut...
AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU

Rumah Sakit di Madrid Berjuang saat Lonjakan Korona

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 03:30 WIB
Ketika pandemi melanda pada Maret, kata dokter darurat Luis Diaz Izquierdo, koridor penuh pasien dengan botol oksigen yang duduk di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya