Rabu 29 Januari 2020, 17:00 WIB

Presiden: Eliminasi Tuberkulosis Harus Masif

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Presiden: Eliminasi Tuberkulosis Harus Masif

MI/Depi Gunawan
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat menghadiri peluncuran Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030

 

PRESIDEN Joko Widodo menyerukan agar eliminasi penyakit tuberkulosis (TBC) dilakukan secara konsisten dan masif. Upaya-upaya pencegahan dibutuhkan untuk menciptakan Indonesia yang bebas TBC pada 2030.

"Urusan TBC penting sekali, gerakan pengurangan di 2030. Gerakan ini harus konsisten dan masif karena negara kita masih banyak yang mengalami TBC," ucap Jokowi dalam pencanangan Gerakan Maju Bersama Menuju Eliminasi Tuberkulosis 2030, di Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1).

Presiden menekankan upaya preventif penting dilakukan, selain upaya kuratif. Ia menegaskan pemerintah juga memiliki perhatian tinggi mengenai persoalan kesehatan agar bisa diatasi tuntas dan tidak menjadi beban bagi pembangunan SDM yang bisa berimbas ke perekonomian.

"Betul-betul ini saya titip karena percuma pertumbuhan ekonomi baik tapi TBC-nya tinggi," jelasnya.

Baca juga: Presiden Minta Semua Stakeholder Harus Aktif Eliminasi TBC

Presiden meminta upaya eliminasi TBC dilakukan meluas hingga tingkat komunitas. Ia pun mengajak kader-kader gerakan tersebut dan petugas di tingkat Puskesmas untuk aktif melakukan pencegahan.

Kepala Negara juga menyoroti urusan pencegahan TBC berkaitan dengan faktor-faktor lingkungan. Karena itu, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat menjadi kewajiban pemerintah baik pusat maupun daerah dan masyarakat.

"Pencegahan lebih baik. Sebaiknya di perkotaan maupun perdesaan membangun rumah-rumah sehat. Itu menjadi kunci," ujar Kepala Negara.

"Menjamin kesehatan masyarakat bukan hanya urusan dokter, Menkes, Dinkes tapi juga urusan Menteri PUPR. Dinas PU harus melihat, bukan hanya mengurusi (pembangunan) jalan. Hal-hal yang tadi saya sampaikan seperti drainase, pengelolaan sampah, dan rumah yang sehat itu sangat penting," pungkas Presiden Joko Widodo.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More