Rabu 29 Januari 2020, 17:00 WIB

Menkominfo: Amazon-Microsoft Mau Bangun Data Center di Indonesia

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Menkominfo: Amazon-Microsoft Mau Bangun Data Center di Indonesia

MI/Susanto
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate (kedua kiri) didampingi Deputi Direktur Pemberitaan Media Indonesia Gaudensius

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menuturkan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) selain berfungsi untuk menjaga kedaulatan data juga membuka peluang masuknya investasi, inovasi, dan bisnis.

Menkominfo mengungkapkan, banyak perusahaan global yang berminat membangun data center di Indonesia.

“Pada saat World Economic Forum di Davos beberapa minggu lalu, Amazon sudah menyatakan keinginannya membangun data center di Indonesia, Microsoft ingin membangun data center dan banyak lagi,” ungkap Johnny saat ditemui dalam acara Workshop Penulisan Opini Melawan Hoax di kantor Media Indonesia, Jakarta, Rabu (29/1).

Baca juga: Pemerintah Telah Serahkan RUU Perlindungan Data Pribadi ke DPR

Oleh sebab itu, Menkominfo menilai pemerintah perlu mendorong agar UU PDP segera disahkan sehingga terdapat payung hukum yang jelas bagi investasi data center di Indonesia.

“Kita perlu menyelesaikan UU PDP agar industri dan pembangunan data yang melibatkan miliaran dolar dana investasinya bisa dapat segera kita wujudkan. Itu juga akan menghasilkan/menciptakan lapangan pekerjaan baru,” tuturnya.

Berdasarkan keterangan Menkominfo, saat ini terdapat ribuan data center pemerintah di Tanah Air. Data center tersebut nantinya akan disatukan di lima lokasi yakni di Batam, Jakarta, Bekasi, Manado, dan ibu kota baru.(OL-5)

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

BPJS Perkenalkan Program JKN-KIS ke Dunia Internasional

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 02 Juni 2020, 08:59 WIB
Kehadiran Program JKN-KIS telah membuka akses pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas, sehingga banyak dimanfaatkan oleh...
ANTARA/GALIH PRADIPTA

Pemda Diminta Segera Tetapkan Juknis PPDB 2020

👤Gana Buana 🕔Selasa 02 Juni 2020, 05:25 WIB
Selain penetapan zona, kuota, dan jalur penerimaan, pedoman teknis tersebut juga harus mengatur tata cara PPDB di masa darurat pandemi...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Masuki Kenormalan Baru Mulai Produktivitas

👤Ihfa Firdausya 🕔Selasa 02 Juni 2020, 05:14 WIB
Pemerintah mengapresiasi daerah-daerah yang berusaha melakukan inovasi dalam menekan angka penularan kasus baru...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya