Rabu 29 Januari 2020, 16:55 WIB

Sejumlah Maskapai Tunda Penerbangan Rute ke dan dari Tiongkok

Deri Dahuri | Internasional
Sejumlah Maskapai Tunda Penerbangan Rute ke dan dari Tiongkok

LEON NEAL / AFP
Maskapai British Airways adalah maskapai penerbangan pertama yang mengumumkan menunda rute penerbangan dari dan menuju Tiongkok.

 

SEJUMLAH maskapai dari beberapa negara menunda penerbangan menuju dan dari Tiongkok pada Rabu (29/1) seiring dengan kekhawatiran dunia terhadap wabah virus korona yang telah menewaskan 132 orang dan menginfeksi hampir 6.000 orang.   

Pengumuman tersebut disampaikan beberapa jam setelah sejumlah negara akan mengevakuasi warga negara mereka dari Wuhan, Tiongkok, yang berpopulasi 11 juta dan menjadi pusat penyebaran virus korona jenis baru.

Sejumlah negara di antaranya Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Jerman, telah meminta warga negara mereka untuk menunda melakukan perjalanan yang tak begitu mendesak ke Tionglok terkait wabah vurus korona.

Baca juga : Virus Korona Sudah Tersebar ke-14 Negara

Tiongkok sendiri mendesak warga negaranya untuk menunda perjalanan ke luar negeri setelah dikonfirmasi bahwa virus koran baru telah ditemukan di 15 negara.   

Pada Rabu (29/1), Uni Emirat Arab juga melaporkan satu kasus virus korona baru dan menjadi kasus virus korona pertama di kawasam Timur Tengah. 

Maskapai British Airways adalah maskapai penerbangan pertama yang mengumumkan menunda rute penerbangan dari dan menuju Tiongkok.

"Kami memohon maaf kepada para konusmen atas ketidaknyamanan tetapi keamanan konsumen dan kru kami selalu menjadi prioritas," kata pihak British Airways dalam pernyataannya, Rabu (29/10.  .

Grup Lion Air dari Indonesia, salah satu maskapai penerbangan terbesar di kawasan Asia Tenggara mengatakan akan menunda pelayanan penerbangan menuju dan dar Tiongkok mulai Sabtu  mendatang (1/2) 'sampai ada peringatan lebih jauh'. 

Dari Myanmar, tiga maskapai yang memiliki rute ke negara Tiongkok juga menyatakan akan menunda penerbangan pada Sabtu mendatang (1/2).  .

Maskapai Cathay Pacific juga memangkai penerbangan terkait dengan berkurang penumpang dan respons dari pemerintah Hong Kong yang mengantisipasi wabah virus.

Negara kecil di Pasifik, Papua New Guinea, juga mengumumkan bahwa para penumpang dari Asia tidak akan diizinkan masuk. (AFP/OL-09)

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More