Rabu 29 Januari 2020, 16:35 WIB

Pemindahan Sampah Depok ke Nambo Bogor Ditunda

Kisar Rajagukguk | Megapolitan
Pemindahan Sampah Depok ke Nambo Bogor Ditunda

MI/Kisar Rajagukguk
Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut Nambo di Desa Kelapanunggal, Kabupaten Bogor

 

PEMINDAHAN pembuangan sampah Kota Depok ke Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut Nambo di Desa Kelapanunggal, Kabupaten Bogor yang rencananya akan dilakukan Januari ini ditunda.

Kepala bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Iyai Gumilar, mengatakan, pemindahan tersebut ditunda karena belum mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

"Sedianya sampah Kota Depok sudah dipindah awal 2020, tapi karena surat belum ada balasan kita menunda pemindahan pembuangan sampah, " kata Iyai di kantornya,  Kota Depok, Rabu (29/1).

Iyai mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah dua kali mengirimkan surat permintaan izin pembuangan sampah ke TPPAS Regional Lulut Nambo dikarenakan daya tampung TPA Cipayung sudah tidak memungkinkan. Tapi surat yang dilayangkan Pemkot sampai sekarang ini belum direspon.

"Surat permintaan pemindahan sampah kita layangkan dua kali tahun 2019 belum dibalas sampai sekarang. Sementara timbunan sampah terus tambah di TPA, tiap hari, timbunan sampah di TPA Cipayung sudah setinggi 23 meter," ujar Iyai.

Dikatakan Iyai, pada Oktober 2019, tim DLHK Kota Depok sudah melakukan pemantauan kesiapan lokasi dan segala fasilitas pendukung dari pelaksaaan pemindahan sampah tersebut.

"Kita dari Tim DLHK telah meninjau lokasi TPPAS Lulut Nambo, dan memang disana ada kendala teknis yang harus dibereskan sebelum memindahkan sampah. Kendala tersebut adalah pembangunan lokasi timbangan tonase sampah masih belum rampung," ujar Iyai.

Iyai mengaku, tidak tahu persis pemindahan sampah dari TPA Cipayung ke TPPAS Lulut Nambo kapan akan dilakukan. Total sampah Kota Depok yang akan dipindahkan jumlahnya 1300 ton per hari.

" Untuk memindahkan sampah Kota Depok ke TPPAS Lulut Nambo, Pemkot Depok harus membayar Rp138.000 per ton x 1300 ton sebesar Rp179.400.000 per hari kepada pihak pengelola TPPAS Lulut Nambo, " ucapnya. (OL-13)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More